Wahai Orang Tua, Ini 8 Cara Mendidik Anak Salat Sejak Dini

Avatar of PortalMadura.Com
Wahai Orang Tua, Ini 8 Cara Mendidik Anak Salat Sejak Dini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salat merupakan tiang agama dan ibadah yang paling utama. Allah SWT memerintahkan secara langsung kepada manusia untuk menyuruh keluarganya menunaikan salat. Salah satu contoh yaitu mengajarkan anak agar salat.

Tahukah Anda mulai kapan anak diajarkan salat? Banyak orang tua beranggapan bahwa mengajarkan anak salat tidak perlu buru-buru dan menunggu usia yang beranjak dewasa. Padahal, dengan sikap ini Anak biasanya akan cenderung lalai untuk melakukan hal wajibnya. Mereka enggan lantaran terbiasa bermain dan tidak diajarkan sejak kecil.

Wahai ayah atau ibu dirumah, mengajarkan anak perlu dilakukan sejak dini. Karena dengan begitu anak lebih mudah diberi pengertian betapa pentingnya melaksanakan salat wajib lima waktu tersebut.

Sebagaimana tercantum di dalam hadits Rasulullah dengan sanad yang shahih beliau bersabda, “Perintahkan anak-anak kalian untuk melakukan salat saat usia mereka tujuh tahun, dan pukullah mereka saat usia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur mereka,” (Di Shahihkan oleh Al-Albany dalam Irwa’u Ghalil, no. 247)

Jadi, Anda boleh memukul seorang anak jika mereka menolak ajakan salat di atas 7 tahun. Mari ditelaah sejenak seperti apakah hukuman yang diperbolehkan, apakah menggunakan selang, gesper dan rotan.

Diisyaratkan dalam masalah memukul anak yang tidak salat yaitu pukulan yang tidak melukai, tidak membuat kulit luka, atau tidak membuat tulang atau gigi menjadi patah. Pukulan di bagian punggung atau pundak dan semacamnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.