oleh

Wajib Anda Ketahui, Penyebab Ruam Popok Sampai Iritasi pada Si Kecil

PortalMadura.Com – Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi di area yang tertutup popok. Penyebabnya bisa beragam, biasanya ditandai dengan bercak kemerahan, kulit kering dan melepuh, serta luka lecet pada bokong, paha, maupun alat kelamin.

Ruam popok sering terjadi pada bayi baru lahir dan balita yang masih menggunakan popok. Dibawah ini beberapa hal yang bisa menyebabkan anak Anda mengalami ruam pokok, seperti yang dilansir dari laman Alodokter.Com, Kamis (28/1/2021):

Popok Terlalu Ketat

Hal ini bisa menimbulkan iritasi, ruam atau lecet pada kulitnya yang masih lembut dan tipis. Karena popok yang terlalu ketat bisa bergesekan dengan kulit bayi.

Popok yang Lembap

Perlu Anda ketahui, urine yang tercampur dengan tinja pada popok bisa menyebabkan infeksi bakteri dan iritasi pada kulit bayi. Inilah sebabnya, bayi yang popoknya sudah lembap namun jarang diganti rentan terkena ruam popok.

Infeksi Bakteri dan Jamur

Area bokong, paha, dan alat kelamin yang kerap bersentuhan dengan popok, memiliki kondisi yang lembap dan hangat. Hal ini memudahkan kulit di bagian tersebut rentan mengalami infeksi bakteri atau jamur.

Kulit Sensitif

Bayi yang menderita masalah kulit, seperti eksim atau dermatitis atopik, akan lebih rentan mengalami ruam popok.

Iritasi Produk Kebersihan Bayi

Penggunaan produk perawatan kulit, seperti sabun, bedak, tisu basah, atau minyak, pada area popok juga mungkin bisa mengiritasi kulit bayi.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar