Wisata  

Wajib Tahu, 4 Fakta Menarik Negara Singapura

Avatar of PortalMadura.com
Wajib Tahu, 4 Fakta Menarik Negara Singapura
Ilustrasi (ekbis.sindonews.com/SINDOnews)

PortalMadura.com adalah negara yang memiliki luas sebesar 725,7 kilometer persegi dan sudah termasuk pada negara maju, meski ukurannya terbilang kecil namun negara ini merupakan negara yang makmur dengan perekonomiannya yang cukup stabil. Bahkan Bank Dunia menjuluki Singapura sebagai tempat paling mudah untuk berbisnis.

Hal menarik lainnya dari Negara yang didirikan oleh Sir Stamford Raffles sebagai koloni perdagangan Inggris pada tahun 1819 ini yaitu memiliki beberapa tempat wisata yang populer di Singapura yaitu termasuk Universal Studios, Marina Bay Sands, Gardens by the Bay, Merlion Park, dan Sentosa Island. Selain itu, Singapura juga memiliki empat bahasa resmi yaitu bahasa Inggris, Tamil, Cina, dan Melayu. Namun tahukah Anda, bahwa selain itu, ternyata Negara Singapura juga memiliki beberapa fakta menarik yang jarang orang tahu, Dilansir dari idntimes.com, Kamis (27/5/2021) inilah deretan beberapa fakta unik tentang negara Singapura :

Nama Singapura

Sang Nila Utama, seorang Pangeran Sriwijaya dari Palembang. Lahirnya Kota Singapura berawal saat Pangeran Sriwijaya ini berburu di Kuala Temasek. Waktu itu Ia sedang berburu dan melihat sosok hewan yang berbadan merah dan berkepala hitam dan putih, kemudian Sang Nila Utama menanyakan nama hewan tersebut kepasa nasihatnya, dan ternyata hewan itu adalah singa, dari itulah kemudian tempat itu diberi nama “Singapura” karena keberadaan Singa merupakan simbol keberuntungan.

Negara dengan Kasus Korupsi Sangat Sedikit

Di negara Singapura, kejujuran adalah segalanya dan sangat dijunjung tinggi, hal ini terbukti dengan sedikitnya kasus korupsi di negara ini. Bahkan Singapura merupakan satu-satunya negara di Asia yang masuk ke dalam daftar 10 negara dengan kasus korupsi paling sedikit di sektor publik.

Pelopor Hari Toilet

Pemerintah Singapura mengajukan resolusi PBB untuk menetapkan Hari Toilet Sedunia pada 19 November. Tindakan pemerintah Singapura dalam mengajukan resolusi PBB untuk menetapkan Hari Toilet Sedunia ini, mendapat dukungan dari 122 negara. Negara ini sangat menyukai toilet, bahkan di Singapura juga terdapat peraturan tentang penggunaan toilet umum, yaitu harus menyiram setelah digunakan. Jika tidak menyiram setelah digunakan, maka akan dianggap melakukan tindakan kriminal.

Wajib Militer Bagi Laki-laki yang Telah Berusia 18 Tahun

Pemerintah Singapura menerapkan kebijakan wajib militer bagi warga negaranya yang telah berusia 18 tahun. Kebijakan wajib militer yang hanya diperbolehkan untuk laki-laki ini, berlangsung selama dua tahun. Hal ini sebagai bentuk pertahanan negaranya karena diapit oleh negara-negara besar.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik dari Negara Singapura yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.