Walaupun Kerja dari Rumah, Ini 6 Trik Jitu Agar Tetap Produktif

Avatar of PortalMadura.com
Walaupun Kerja dari Rumah, Ini 6 Trik Jitu Agar Tetap Produktif
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Anda mungkin membayangkan itu jauh lebih enak daripada di kantor. Bisa lebih leluasa santai saat bekerja dan juga tanpa ada pengawaan seorang atasan.

Tahukah Anda, padahal bekerja di rumah ataupun di kantor tantangannya sama saja. Anda tetap harus dituntut untuk fokus dalam menyelesaikan tugas sebagaimana yang telah ditentukan sebuah organisasi. Bahkan, tantangannya bisa dibilang jauh lebih berat bagi yang bekerja di rumah.

Mengapa demikian?. Karena distraksi yang muncul saat Anda kerja di rumah tentu lebih banyak daripada di kantor. Membangun ruang kerja guna meminimalisir distraksi mungkin bisa jadi solusi. Tapi, apakah hal itu bisa membantu Anda menghadapi distraksi dari Internet?. Misalnya, notifikasi di medsos atau situs-situs favorit Anda.

Khusus untuk yang sering kerja di rumah, ada enam tips yang wajib Anda ketahui untuk meningkatkan produktivitas. Berikut ulasannya:

Tetap Fokus dengan Bantuan Tiga Aplikasi Ini
Seperti yang disebutkan di atas, distraksi yang muncul lewat internet bisa mengganggu Anda untuk tetap fokus. Sebaliknya, terlalu fokus bekerja dan lupa istirahat juga tidak baik untuk kesehatan. Agar urusan kerja dan istirahat jadi seimbang, manfaatkan saja tiga aplikasi ini:

a. RescueTime
RescueTime bisa memberikan laporan soal berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk suatu kegiatan di komputer saat offline maupun online. Anda bisa tahu berapa lama Anda main game, surfing Internet, dan bekerja.

Laporan penggunaan komputer Anda pun bakal tercatat dan Anda bisa menilai sendiri seberapa Anda dalam bekerja di rumah. Kalau ternyata Anda terlalu banyak main game, maka besok bisa uninstall saja game tersebut agar fokus kerja. Oh ya, aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, asalkan Anda pakai versi Lite. Kalau versi premiumnya akan terkena biaya langganan US$9 per bulan.

b. Self Control

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.