Wanita Sempurna Itu Hanya Empat, Benarkah? Ini Jawabannya Menurut Islam.

Avatar of PortalMadura.Com
Wanita Sempurna Itu Hanya Empat, Benarkah? Ini Jawabannya Menurut Islam.
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tahukah anda, siapakah wanita yang akan menjadi pemimpin bagi para wanita ahli surga? Mereka adalah empat wanita yang atas keteguhan imannya, ketabahan dirinya, kesetiannya kepada Allah dan kemuliaan akhlaknya. Jika memang benar bahwa wanita sempurna itu hanya empat. Apakah wanita zaman sekarang tidak memiliki kesempatan untuk menjadi sempurna? Lalu apakah yang menjadikannya sempurna?

Terdapat hadis dari Abu Musa al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‎‎’alaihi wa sallam bersabda, ‎”Lelaki yang sempurna jumlahnya banyak. Dan tidak ada wanita yang sempurna selain ‎Maryam bintu Imran dan Asiyah istri Firaun. Dan keutamaan A’isyah dibandingkan ‎wanita lainnya, sebagaimana keutamaan ats-Tsarid dibandingkan makanan lainnya.” ‎‎(HR. Bukhari 5418 dan Muslim 2431).

Menurut keterangan an-Nawawi, yang dimaksud sempurna di sini adalah dia memiliki sifat keutamaan, kebaikan, dan ketakwaan yang berada di puncaknya. (Syarh Shahih Muslim, 15/198). Dan keterangan lain disampaikan oleh as-Shan’ani, ‎”Lelaki yang sempurna jumlahnya banyak” artinya sempurna agamanya. Karena kesempurnaan agama adalah kesempurnaan hakiki. Ada yang mengatakan, orang sempurna menurut sunah adalah sempurna ilmunya, kebenarannya, keadilannya, kesesuaiannya dengan kebenaran, kejujurannya, dan adabnya. Sempurna semacam ini, banyak dijumpai pada lelaki, karena keunggulan akal mereka.” (at-Tanwir, Syarh Jami’ as-Shaghir, 8/239).

Dan mengingat manusia paling baik agamanya adalah para nabi, maka merekalah orang yang sempurna. Setelah para nabi adalah para shiddiqin, syuhada, dan orang-orang soleh. Karena itu, jumlah wanita yang sempurna tidak sebanyak jumlah lelaki yang sempurna.

Setiap wanita muslimah pasti ingin mendapat derajat yang istimewa di sisi Allah. Yakni, dengan berusaha menjadi wanita taat, meskipun butuh usaha dan bekal kesabaran yang besar. Ingatlah, Allah melihat pada proses bukan pada hasil. Tetaplah istiqomah dan konsisten dalam ketaatan. Allah pasti memberkahi setiap upaya para wanita muslimah yang memperjuangkan ketaatan karena Allah.(Islampos.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.