oleh

Warga Bangkalan Keluhkan Harga Cabe

BANGKALAN (Portal Madura) – Menjelang satu pekan pelaksnaan Idul Adha berdampak pada sejumlah harga komoditi di pasar tradisional Bangkalan. Salah satunya, harga cabai sudah naik hingga sekitar 50 persen. Tak pelak, warga sudah mulai mengeluh.

Kenaikan cabe itersebut, terjadi di Pasar Ki Lemah Duwur (KLD). Khoiriyah, salah satu penjual cabe mengatakan, harga cabe merah besar sebelumnya masih Rp.20 ribu dalam 1 kg. Namun saat ini sudah mencapai Rp.30 ribu/1 kg. Sedangkan untuk cabe merah kriting sebelum naik dipatok Rp.22 ribu/1 kg. Saat ini dipatok Rp.33 ribu/1 kg.

“Rata-rata harga cabe itu kenaikannya mencapai Rp.10ribu setiap 1 kilogramnya. Sehingga dikeluhkan oleh warga,” katanya.

Kenaikan harga cabe merah besar dan cabe merah kriting tersebut memang tidak diduga oleh para pedagang. Sebab sebelumnya harga cabe masih normal. Meski demikian, kenaikan harga cabe tidak mempengaruhi terhadap harga sembako lainnya. Seperti bawang putih, bawang merah, sayur mayur,dan minyak goreng. “Harga kebutuhan lainnya masih dalam taraf normal,” katanya.

Diprediksi, harga cabe ini akan terus merangsak naik, karena sudah mau menjelang Idul Adha, selain kenaikan cabe karena kurangnya pasokan dari petani. “Kenaikan harga cabe ini juga dampak dari tanaman cabe banyak yang rusak,”pungkasnya.(pena/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE