oleh

Warna Busana Ternyata Mempengaruhi Suasana Hati

PortalMadura.Com – Tanpa disadari, pemilihan warna pada busana yang Anda kenakan, ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan dan suasana hati.

Banyak orang yang lebih memilih berpakaian dengan warna-warna dasar seperti hitam, putih, coklat, bukan warna cerah ceria.

“Penelitian menunjukkan bahwa warna memiliki efek psikologis. Ketika kita melihat warna-warna tertentu, kita dapat memicu respons neurologis di otak dan menyebabkan kelenjar hipotalamus melepaskan hormon,” kata Jules Standish, konsultan style dan warna untuk perempuan.

Ia juga menambahkan, ketika kita melihat warna-warna cerah seperti merah atau pink, akan melepaskan hormon dopamin, yang dikenal sebagai hormon baik. Hal itu dapat meningkatkan suasana hati, perhatian bahkan gairah seks.

“Di sisi lain, warna biru sering dikaitkan dengan pelepasan oksitosin yang membuat Anda lebih tenang,” imbuh Standish.

Berikut warna-warna yang dapat meningkatkan suasana hati Anda:

1. Hijau dan marun
Padu padan warna hijau dan merah marun sering kali dianggap gagal. Namun anggapan itu salah. Pemilihan gradasi warna hijau dan merah marun yang tepat justru akan membuat Anda terlihat indah. Misalnya dengan gaun hijau zamrud dengan kalung berwarna merah.

2. Merah menyala dan burgundy
Bila melihat warna merah, Anda pasti merasa warna ini terlalu terang. Sebenarnya, warna tersebut dapat memicu hipofisis dan kelenjar adrenal. Keduanya dapat meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Padu-padankan merah menyala ini dengan warna yang lebih gelap, seperti burgundy, ungu yang cenderung lebih gelap.

3. Biru langit dan ungu
Kombinasi ini sering dianggap tidak tepat. Biru langit atau cyan sebenarnya cocok dengan warna ungu. Misalnya, coat biru terang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih cerah. Ini membuktikan bahwa bila Anda sedang mengalami stres, memakai pakaian dengan warna ini dapat merangsang pelepasan hormon oksitosin yang menenangkan.

4. Mustard dan hijau tua
Biasanya warna kuning dan hijau haram bersatu karena dianggap sangat bertabrakan. Namun coba pilih gradasi warna kuning sedikit tua seperti mustard dan hijau tua. Misalnya kemeja berwarna hijau tua dipadupadankan dengan celana kulot berwarna mustard.

5. Pink Fuchia dan biru kobalt
Warna pink atau merah muda dapat menonjolkan sisi feminin dari seorang perempuan. Penelitian pun menunjukkan bahwa laki-laki lebih memilih perempuan yang memakai busana berwarna pink. Padu padan warna fuchia dan biru kobalt sangat cocok dengan berbagai jenis kulit.

6. Kuning ungu
Kombinasi ini dapat menciptakan siluet ramping dan menyembunyikan beberapa masalah di sekitar pinggang. Ungu merupakan warna yang menenangkan maka sangat cocok dipakai ketika Anda merasa tegang. Penelitian menemukan bahwa kuning berkaitan dengan keceriaan, sehingga saat memakainya dapat meningkatkan suasana hati Anda.

7. Ungu burgundy dan pink pucat
Sama seperti fuchia, warna pink pucat ini menampilkan sosok feminin dan muda bagi yang menggunakannya. Ditambahkan dengan sentuhan burgundy akan membuatnya lebih elegan. Anda bisa memadu-padankannya dengan rok burgundy selutut dan kemeja berbahan sifon warna pink pucat. (Daily Mail/suara)


Tirto.ID
Loading...

Komentar