Waspada, 4 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang

Avatar of PortalMadura.com
Waspada, 4 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kesehatan tubuh Anda ditentukan oleh makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Setiap jenis makanan yang Anda pilih bisa berpengaruh baik dalam jangka panjang maupun pendek.

Jenis makanan paling berpengaruh pada salah satu bagian tubuh adalah gigi. Fungsi untuk mengunyah makanan atau minuman menjadikan bagian tubuh tersebut kerap bersentuhan langsung dan menimbulkan masalah.

Timbulnya plak pada gigi disebabkan oleh beberapa jenis makanan dan minuman tertentu. Hal ini lah yang bisa sangat mempengaruhi makanan dan minuman yang Anda konsumsi terhadap kondisi kesehatan gigi. Plak merupakan lapisan yang menempel pada gigi dan dipenuhi oleh bakteri.

Baca Juga:  Ambisi Curi Poin di Kandang Bhayangkara FC

Hal ini sangat mempengaruhi munculnya masalah gusi serta gigi berlubang yang dialami oleh seseorang. Perawatan gigi yang tepat dan menghindari jenis makanan tertentu bisa membuat Anda terhindar dari masalah gigi ini.

Seperti yang dilansir merdeka.com dikutip dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan yang bisa menyebabkan gigi berlubang dan masalah gigi lainnya.

Permen Asam
Menurut Centers for Disease Control and Prevention, plak dan karang gigi merupakan penyakit yang paling umum dialami oleh mereka yang berusia antara 6 hingga 19 tahun.

Untuk mencegahnya, lebih baik hindari makanan yang memiliki kandungan asam sangat kuat untuk gigimu. Jenis makanan ini tak hanya menyebabkan gigi berlubang saja, sifatnya yang bisa dikunyah membuatnya lebih sulit dihilangkan dari gigi.

Minuman Beralkohol
Hal yang sangat merugikan kesehatan seseorang karena sejumlah alasan adalah mengonsumsi minuman beralkohol. Bahkan minuman ini juga mampu membuat mulut menjadi kering.

Ketika mulut kering, maka kurang adanya air liur, komponen yang membuat mulut tetap sehat karena mampu membuat makanan tidak menempel ke gigi.

Air liur ini juga mampu mengatasi masalah gusi, infeksi mulut, serta gigi berlubang. Membuat mulut kering hanya menyebabkan peluang gigi berlubang semakin besar.

Es
Walaupun pada dasarnya es terbuat dari air putih, namun hal ini juga bisa menyakiti gigi. Menurut American Dental Association, kebiasaan mengunyah sesuatu yang keras membuatmu lebih rentan mengalami masalah pada gigi. Mengunyah es ini bisa merusak email dan berujung pada rusaknya gigi.

Roti
Mengonsumsi roti ternyata juga bisa menimbulkan efek buruk pada gigi. Ketika Anda mengunyah roti, air liur cenderung mencerna adonan tepung menjadi gula.

Kemudian hal ini diubah menjadi kandungan yang kenyal dan berbentuk seperti pasta sehingga menempel di gigi. Hal ini bisa menimbulkan masalah karang gigi yang dapat menimbulkan dampak berupa gigi berlubang.

Sejumlah bahan makanan tersebut bisa menyebabkan Anda mengalami gigi berlubang. Usahakan untuk menghindari atau mencegah konsumsi sejumlah makanan dan minuman tersebut demi kesehatan gigimu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.