Waspada! Ada “Minuman Keras” Produksi Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Miras Oplosan
Ilustrasi Miras Oplosan

PortalMadura.Com, – Para orang tua dan masyarakat di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur perlu lebih ketat melakukan pengawasan terhadap putra-putrinya.

Kini, ada minuman keras (Miras) yang dibuat oleh kawula muda ketika mereka bergerombol ditempat-tempat tertentu di Sumenep. Salah satunya di GOR Ayani Panglegur.

“Saat berkumpul, mereka membuat minuman keras oplosan. Bahannya, mereka beli di warung atau toko,” kata R. Aj. Hawiyah Karim, aktivis Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sumenep, Minggu (7/9/2014).

Salah satu campuran itu adalah obat batuk rasa jahe dicampur dengan alkohol. “Lalu dikonsumsi dalam jumlah besar. Dan ini juga berbahaya bagi kawula muda Sumenep,” ujarnya.

Menurut dia, dimana ada tumpukan bekas bungkus saset salah satu obat batuk dalam jumlah tidak wajar, maka perlu dicurigai oleh semua pihak.

“Saya sudah sering berkomunikasi dengan sejumlah apotik atau warung yang menjual obat batuk merk tertentu. Jika ada kawula muda membeli dalam jumlah besar, tolong diwaspadai,” katanya.

Obat batuk tertentu, bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan juga akan menimbulkan lupa diri dan mabuk. “Ini juga akan merusak jiwa muda-mudi Sumenep,” pungkasnya.(htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.