Waspada Bunda! Ini 4 Efek Buruk yang Bisa Muncul pada Si Kecil Karena Anda Salah Asuh

Avatar of PortalMadura.com
Waspada Bunda! Ini 4 Efek Buruk yang Bisa Muncul pada Si Kecil Karena Anda Salah Asuh
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini banyak ditemui orang tua yang lebih sibuk mengurus pekerjaannya dibanding membesarkan si kecil. Alasan inilah yang menjadi pemicu jadi kurang asuhan dan perhatian dari orang tua.

Apalagi perhatian orang tua yang lebih teralihkan pada pekerjaan, tentu hal ini bisa memperburuk tumbuh kembang dan perilaku anak. Bahkan, ada banyak efek tidak menyenangkan yang bisa ditimbulkan karena .

Berikut empat dampak buruk yang bisa muncul pada anak akibat salah asuh orang tua:

Tidak Tahu Cara Mengeluarkan Amarah
Karena kurangnya perhatian dari orang tua, anak jadi tidak bisa mengekspresikan diri dengan baik, apalagi mengenai amarah. Anak tidak tahu bagaimana mengendalikan emosinya dan mengeluarkan dengan cara yang benar. Pada akhirnya, anak sering tantrum di depan umum atau mencari masalah.

Tidak Punya Skill Mengatur Uang
Tidak diajarkan menabung, mengenal uang dan mengatur keuangan dari sejak kecil juga berpengaruh besar terhadap cara pandang anak terhadap uang. Jika tidak dibiasakan sejak kecil bagaimana mengatur uang, anak bisa jadi individu yang boros dan bahkan terlilit hutang.

Tidak Punya Sopan Santun
Sayangnya, orang tua zaman sekarang lebih individual secara personal. Hal ini memengaruhi sikap anak terhadap orang lain. Sikap anak sering dibiarkan orang tua, kurangnya didikan dasar moral, toleransi dan hidup bersama terhadap orang lain membuat anak tumbuh jadi pribadi yang tidak punya sopan santun.

Tidak Punya Kemandirian
Ada kasus guru memukul muridnya, orang tua bukan memarahi anaknya tapi justru gurunya. Karena seringnya ikut campur orang tua dalam hidup si kecil, anak jadi tumbuh tidak mandiri dan percaya diri. Ia jadi merasa tergantung, karena punya back up orang tua, mereka jadi bersikap seenaknya sendiri, bahkan bersikap kurang peduli dan ingin menang sendiri.

Nah, itulah empat akibat buruk kurangnya asuhan yang tepat dari orang tua. Banyak orang tua mungkin tidak menyadarinya, tapi hal ini semakin sering terjadi pada anak zaman sekarang. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.