Waspada! Ini 4 Ciri Orang Kafir Menurut Alquran

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! Ini 4 Ciri Orang Kafir Menurut Alquran
ilustrasi

PortalMadura.Com – Allah SWT telah menjelaskan di dalam Alquran tentang jalan orang-orang yang mendapatkan kebahagiaan serta orang-orang yang celaka. Selain itu, Allah juga memuji para hambanya yang bertakwa dan mencela orang-orang kafir.

Bahkan, Allah mengingatkan para hamba-Nya agar tidak latah meniru sifat-sifat orang kafir. Karena, Allah menciptakan makhluk dengan qudrah (kuasa)-Nya, kemudian dengan anugerah-Nya Allah memberikan hidayah kepada siapa yang dikehendaki-Nya.

Dengan keadilan-Nya, Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya. Semua ini tertulis pada lauhul mahfudz. Sebagaimana firman Allah: “Dia-lah yang menciptakan kamu maka di antara kamu ada yang kafir dan di antaramu ada yang mukmin. dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan” (at-Taghabun/64 : 2).

Oleh karena itu, sungguh beruntung bagi mereka yang beriman kepada Allah dan sugguh rugi bagi mereka orang-orang kafir yang tidak percaya pada Allah dan kehidupan akhirat, serta tidak mengakui kedudukan Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul utusan Allah.

Namun, tanpa Anda sadari kadang apa yang umat muslim lakukan ternyata itu termasuk golongan orang kafir. Dalam Alquran pun banyak penjelasan tentang perbuatan dan keyakinan rusak orang-orang kafir, serta perangai dan sifat-sifat mereka yang buruk.

Berikut empat yang dijelaskan di dalam Alquran:

Percaya Ramalan
Siapa saja yang mengklaim mengetahui perkara ghaib, maka ia termasuk dalam golongan kaahin (tukang ramal) atau orang yang berserikat di dalamnya. Karena ilmu ghaib hanya menjadi hak prerogatif Allah SWT.

Allah berfirman: “Katakanlah: “Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah” (QS. An Naml: 65).

Sombong
Sebagaimana firman Allah SWT: “Ketika orang-orang kafir menanamkan dalam hati mereka kesombongan (yaitu) kesombongan Jahiliyah lalu Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya, dan kepada orang-orang mukmin dan Allah mewajibkan kepada mereka kalimat-takwa….” (QS al-Fath: 26).

Mengingkari Nikmat Allah
Mereka hidup penuh kebingungan dan kebimbangan. Tujuan yang selalu mereka kejar dalam hidup hanya sebatas bersenang-senang, makan dan minum, tanpa peduli halal dan haram.

Selain itu, orang-orang kafir selalu menghalangi perbuatan baik, tidak bisa berterima kasih dan mengonsumsi barang-barang haram.

Allah berfirman: “Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkarinya dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang kafir,” (QS. An-Nahl: 83).

Berputus Asa atas Rahmat Allah
Putus asa dari rahmat Allah SWT termasuk dosa besar. Sebagaimana firman Allah: “Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah melainkan kaum yang kafir,” (Q.S. Yusuf : 87).

Sungguh tercela orang-orang kafir dalam menjalankan hidupnya. Itulah beberapa sifat orang kafir, tidak menutup kemungkinan umat muslim pun tidak sadar sudah termasuk dan menyerupai ciri dari orang kafir itu. Astagfirullahalazim, semoga orang Islam dijauhkan dari sifat-sifat orang kafir dan yang menyerupai orang kafir. (ummi-online.com/Nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.