Waspada! Ini 6 Bahan Alami yang Dikira Punya Manfaat untuk Kulit Ternyata Berbahaya

Bahan alami yang justru berbahaya bagi kulit
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Selama ini banyak kaum wanita yang mengira bahwa bahan-bahan alami akan lebih aman untuk perawatan kecantikan wajah. Faktanya, beberapa bahan itu ternyata bisa membuat kulit wajah kering dan semakin bermasalah, seperti iritasi.

Perlu Anda ketahui, hanya karena bahan tersebut tidak mengandung zat kimia bukan berarti kandungannya 100% aman digunakan pada kulit terutama bagian wajah yang dikenal lebih sensitif dibanding bagian kulit lainnya.

Untuk itu, Anda perlu lebih hati-hati dalam memanfaatkan bahan-bahan alami. Sebab, tidak semua bahan alami yang selama ini Anda gunakan bisa aman untuk jenis kulit wajah Anda.

Berikut enam bahan alami yang ternyata berbahaya untuk kulit Anda:

Lemon
Banyak wanita mengira perasan lemon selain memiliki khasiat saat diminum juga dapat bermanfaat jika dioleskan pada wajah sebagai toner. Namun ternyata anggapan tersebut salah. Jus lemon yang tadinya dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan noda hitam pada wajah justru sebenarnya dapat membuat kulit menjadi iritasi dan lebih mudah terbakar sinar matahari jika digunakan sebagai toner.

Menurut seorang ahli kulit dari Danbury, CT, Mona Gohara, M.D., lemon yang bersifat asam dapat mengubah PH dari kulit sehingga kulit menjadi lebih sensitif.

Mayones
Beberapa wanita pernah mencoba masker mayones yang terbuat dari telur asli karena diyakini dapat menutrisi dan melembapkan kulit. Namun kenyataannya, mayones justru dapat menutup pori-pori dan membuat kulit wajah semakin bermasalah.

Alkohol
Jika Anda berpikir alkohol dapat meredakan kulit berminyak, maka buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Menurut dr. Gohara, menggunakan alkohol bisa membuat kulit wajah menipis sehingga rentan terhadap iritasi atau pembengkakan.

Jika sudah terlanjur menggunakannya, maka Anda dapat membantu mengembalikan kesehatan kulit dengan menggunakan toner.

Baking Soda
Tidak sedikit wanita mencoba membuat scrub sendiri dengan bahan baking soda dan madu. Scrub alami tersebut diyakini dapat mengatasi jerawat.

Jika Anda pernah memakai scrub tersebut, jangan pernah menggunakannya lagi pada wajah. Karena menurut dr. Gohara, baking soda bersifat alkali sehingga dapat mengubah PH kulit dan membuat kulit menjadi lebih tipis serta rentan terhadap bakteri.

Telur Mentah
Selama ini penggunaan telur mentah sebagai masker dipercaya dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Namun menurut dr. Gohara, telur mentah justru berisiko sebagai perawatan kulit karena mengandung bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan jika tidak sengaja menelannya.

Kayu Manis
Penggunaan kayu manis pada wajah tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan iritasi. Gohara mengatakan, penggunaan kayu manis pada wajah sama berisikonya dengan pemakaian perasan lemon dan baking soda karena sama-sama dapat mengubah PH pada kulit. (detik.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.