Waspada! Ini 6 Risiko Penyakit Akibat Tidur Terlalu Lama

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Ini 6 Risiko Penyakit Akibat Tidur Terlalu Lama
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki waktu tidur sedikit tentu dapat menggangu kesehatan, namun terlalu lama juga tidak dianjurkan. Karena hal ini dapat menimbulkan berbagai yang bakal menghantui orang-orang yang terbiasa tidur lebih dari 9 jam sehari.

Menurut beberapa penelitian, durasi tidur idealnya berkisar antara 6-8 jam dalam sehari. Tentu saja disesuaikan juga dengan kualitasnya, sebab ada kalanya seseorang tidur cukup lama tetapi kualitasnya seperti kurang tidur.

Berikut enam risiko penyakit yang harus dihadapi orang yang terlalu lama tidur:

Depresi
Pada tahun 2014, sebuah penelitian dilakukan pada sejumlah pasangan kembar. Penelitian ini mengungkap, bahwa durasi tidur berhubungan dengan risiko depresi.

Seseorang yang tidur antara 7-9 jam sehari punya risiko depresi sebesar 27 persen, sedangkan yang tidur di atas 9 jam dalam sehari risikonya mencapai 49 persen.

Gangguan Fungsi Otak
Penelitian tahun 2012, mengungkap, bahwa perempuan yang terlalu banyak tidur selama 6 tahun berturut-turut akan mengalami penurunan fungsi otak. Perubahan yang terjadi setara efeknya dengan penuaan yang terjadi 2 tahun lebih cepat.

Susah Berketurunan
Tahun 2013, sebuah penelitian dilakukan terhadap 650 perempuan di Korea. Para perempuan tersebut sedang menjalani teknologi pembuahan berbantu.

Ternyata, para perempuan yang memiliki durasi tidur antara 7-8 jam, risiko terjadi pembuahan terpantau paling tinggi. Sebaliknya, pada perempuan dengan durasi tidur lebih dari 11 jam, peluang hamilnya paling rendah.

Diabetes dan Kegemukan
Penelitian di Wuebec, Kanada, mengungkap bahwa orang yang tidur lebih dari 8 jam sehari punya risiko 2 kali lipat terjangkit diabetes melitus tipe 2. Mereka juga lebih rentan mengalami kegemukan dibandingkan orang-orang yang durasi tidurnya antara 7-8 jam dalam sehari.

Gangguan Jantung
Sebuah penelitian tahun 2012 yang dipresentasikan dalam American College of Cardiology, mengungkap, bahwa tidur lebih dari 8 jam sehari berhubungan dengan peningkatan risiko masalah jantung.

Peneliti mengamati data dari 3.000 orang, dan menemukan bahwa orang yang kebanyakan tidur 2 kali lebih berisiko mengalami angina dan 1,1 kali lebih rentan penyakit jantung koroner.

Kematian Dini
Kajian terhadap 16 penelitian, mengungkap, bahwa risiko kematian dini karena sebab apapun, mengalami peningkatan pada orang-orang yang tidurnya lebih dari 8 jam sehari.

Bahkan, peningkatannya mencapai 1,3 kali lipat dibandingkan rata-rata dari 1.382.999 partisipan. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.