Waspada! Kulit Wajah Anda Berminyak? Jangan Lakukan Hal Ini

Waspada! Kulit Wajah Anda Berminyak? Jangan Lakukan Hal Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kulit wajah berminyak merupakan permasalahan yang kerap kali mengganggu penampilan. Perlu diketahui, kulit wajah yang berminyak lebih rentan berjerawat dan terlihat kusam.

Oleh karena itu, beberapa perawatan penting untuk meminimalisir permasalahan tersebut. Salah satunya dengan mencuci muka. Kendati demikian, ada beberapa hal yang mesti Anda hindari jika memiliki wajah yang berminyak.

Berikut lima kesalahan yang perlu Anda hindari jika memiliki wajah berminyak:

Mencuci Wajah Terlalu Sering
Siapa bilang sering mencuci wajah bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan bersih?. Ternyata, kalau Anda sering mencuci wajah bisa mengurangi kadar pH dan menyebabkan wajah menjadi lebih banyak memproduksi keringat. Dalam sehari sebaiknya cuci wajah Anda cukup 2x saja.

Menggunakan Perawatan Jerawat Berlebihan
Wajah berminyak rentan terhadap munculnya jerawat. Tidak masalah jika Anda menggunakan perawatan jerawat untuk meredakan peradangan jerawat, namun hindari pengaplikasian secara berlebihan.

Hal itu, karena produk perawatan jerawat biasanya mengandung salicylic acid. Senyawa ini baik untuk menghilangkan jerawat namun tidak dengan keadaan kulit berminyak Anda yang dapat menjadi semakin buruk.

Melewatkan Pelembap
Banyak yang mengira kulit yang berminyak tidak membutuhkan pelembap karena takut wajah kian berkilap. Namun hal itu keliru, Anda tetap membutuhkan pelembap, namun dengan kandungan yang benar dan tepat.

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, gunakanlah pelembap yang memiliki kandungan air tinggi sehingga dapat menyeimbangkan kadar minyak berlebih pada kulit.

Melewatkan Aplikasi Toner
Sama halnya dengan pelembap, Anda juga tidak dapat melewatkan proses pengaplikasian toner pada wajah. Toner berfungsi untuk menutup pori kulit yang melebar. Hal itu tentunya dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit.

Meskipun Anda memiliki kulit berminyak, jangan melewatkan toner dalam rangkaian perawatan kecantikan Anda. Pilihlah toner tanpa alkohol dan gunakan tidak secara berlebihan.

Mencuci Wajah dengan Air Hangat
Air hangat dapat membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan kotoran yang menumpuk. Namun mencuci wajah berminyak menggunakan air hangat dapat membuat produksi minyak semakin bertambah.

Caranya,  cukup basahkan handuk dengan air hangat, dan kompres wajah dengan cepat untuk menghilangkan kotoran. Kemudian cuci kembali wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori Anda. (liputan6.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.