WhatsApp Punya 3 Fitur Keamanan Baru untuk Perkuat Perlindungan Akun Pengguna

Avatar of PortalMadura.com
WhatsApp Punya 3 Fitur Keamanan Baru untuk Perkuat Perlindungan Akun Pengguna
WhatsApp Punya 3 Fitur Keamanan Baru untuk Perkuat Perlindungan Akun Pengguna

PortalMadura.com telah mengumumkan tiga baru yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan akun dan privasi pengguna. Dalam sebuah siaran pers, WhatsApp menjelaskan bahwa tiga fitur keamanan terbaru ini akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang.

Keamanan di WhatsApp sangat penting karena aplikasi ini digunakan oleh lebih dari dua miliar orang di seluruh dunia sebagai platform utama untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman mereka. Oleh karena itu, WhatsApp selalu berusaha untuk meningkatkan keamanan dan privasi untuk menjaga kenyamanan penggunanya.

Perlindungan Akun

Fitur pertama yang diperkenalkan oleh WhatsApp adalah fitur perlindungan akun. Jika pengguna ingin mengalihkan akun WhatsApp ke perangkat baru, maka WhatsApp akan memastikan bahwa itu benar-benar pengguna yang asli. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pemeriksaan keamanan tambahan.

Dengan fitur ini, pengguna dapat memastikan bahwa akun mereka aman dan tidak mudah disusupi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, fitur ini juga membantu memperingatkan pengguna, apabila ada percobaan yang tidak sah untuk memindahkan akun ke perangkat lain.

Verifikasi Perangkat

Malware perangkat seluler adalah salah satu ancaman terbesar terhadap privasi dan keamanan orang-orang, karena bisa memanfaatkan ponsel tanpa izin, dan menggunakan aplikasi WhatsApp untuk mengirim pesan yang tidak diinginkan. Untuk mengatasi hal ini, WhatsApp bakal menambahkan fitur pemeriksaan untuk membantu autentikasi akun pengguna tanpa perlu tindakan apa pun, dan melindunginya dengan lebih baik apabila perangkat disusupi.

Dengan fitur verifikasi perangkat, pengguna dapat memastikan bahwa hanya mereka yang memiliki akses ke akun mereka. Hal ini berarti bahwa jika ada upaya peretasan atau serangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pengguna akan mendapatkan peringatan segera dan dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Kode Keamanan Otomatis

Fitur ketiga yang diperkenalkan oleh WhatsApp adalah kode keamanan otomatis. Pengguna dapat memanfaatkan fitur verifikasi kode keamanan WhatsApp untuk memastikan chat-nya benar-benar sampai ke penerima yang dimaksudkan. Pengguna bisa memeriksanya secara manual dengan membuka tab enkripsi di bagian info kontak.

Namun, dengan adanya fitur baru ini, proses menjadi lebih mudah dan lebih aman karena WhatsApp merilis fitur keamanan berdasarkan proses yang disebut Transparansi Kunci, yang memungkinkan pengguna secara otomatis memverifikasi bahwa mereka memiliki koneksi yang aman.

“Artinya, saat mengeklik tab enkripsi, Anda akan dapat segera memverifikasi bahwa pembicaraan pribadi Anda aman,” kata WhatsApp.

Ini memberikan lapisan tambahan perlindungan untuk pengguna WhatsApp dan memastikan bahwa chat-nya dipertukarkan hanya dengan penerima yang dimaksudkan. Hal ini sangat penting dalam menjaga privasi dan keamanan informasi pengguna.

Companion Mode

Selain tiga fitur keamanan baru tersebut, WhatsApp juga merilis fitur Companion Mode untuk pengguna WhatsApp Beta. Fitur baru ini memungkinkan akses akun di lebih dari satu smartphone sekaligus, meskipun saat ini dukungan fitur Companion Mode belum hadir untuk pengguna iOS.

Sebelumnya, dukungan pemasangan akun WhatsApp yang terbatas hanya pada satu perangkat menjadi kelemahan aplikasi perpesanan ini. Namun dengan adanya fitur Companion Mode, pengguna bisa menghubungkan satu akun WhatsApp dengan dua perangkat mobile sekaligus.

Fitur Companion Mode merupakan peningkatan fitur Multi Device yang ada sekarang. Kemampuan Multi Device WhatsApp memungkinkan pengguna menghubungkan akun pengguna di perangkat lain, tetapi hanya berlaku untuk perangkat di luar smartphone, seperti versi PC atau Web. Dengan adanya fitur Companion Mode, pengguna dapat menghubungkan satu akun WhatsApp dengan dua perangkat mobile sekaligus.

Hal ini sangat membantu untuk pengguna yang ingin menggunakan WhatsApp di lebih dari satu perangkat tanpa harus memasukkan ulang nomor telepon dan informasi akun mereka secara terus-menerus. Selain itu, fitur Companion Mode juga memudahkan pengguna yang memiliki dua ponsel atau ingin menggunakan tablet dan ponsel secara bersamaan.

Namun, saat ini dukungan fitur Companion Mode belum hadir untuk pengguna iOS. Artinya, perangkat kedua yang digunakan harus merupakan perangkat Android. Meskipun demikian, pengguna aplikasi WhatsApp versi beta yang memakai iOS sebagai perangkat utama tetap bisa mencoba companion mode ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.