WHO Minta Negara Asia Tenggara Perkuat Kesiapan Hadapi Covid-19

Avatar of PortalMadura.com
WHO Minta Negara Asia Tenggara Perkuat Kesiapan Hadapi Covid-19

PortalMadura.Com – Organisasi Kesehatan Dunia () meminta negara di kawasan Asia Tenggara memperkuat kesiapsiagaan terhadap semua skenario serta mencegah penyebaran Coronavirus Desease 2019 ().

Peringatan ini disampaikan WHO setelah sejumlah negara di kawasan seperti India, Indonesia dan Thailand mengonfirmasi kasus baru dalam pekan ini.

“Prioritas utama negara harus siap melakukan respons cepat terhadap kasus pertama, klaster pertama dan bukti pertama transmisi (Covid-19) di masyarakat,” ujar Direktur Regional WHO wilayah Asia Tenggara, Poonam Kehtrapal Singh melalui siaran pers, Kamis (5/3/2020).

Menurut dia, risiko penyebaran Covid-19 di dunia dan kawasan Asia Tenggara sangat tinggi dan kasus-kasus baru diprediksi masih akan muncul.

“Mengidentifikasi kasus-kasus ini dengan cepat, mengisolasi mereka dan mengikuti kontak mereka adalah inisiatif penting untuk membantu membatasi penularan dari orang ke orang. Kecepatan respons kita sangat penting, yang hanya mungkin jika kita siap,” kata Singh.

WHO menuturkan ada tiga prioritas yang perlu disiapkan negara yakni melindungi pekerja kesehatan.

Selain itu, juga memberdayakan masyarakat dengan informasi yang tepat dan akurat untuk mengambil langkah perlindungan khususnya yang berisiko tinggi serta melakukan yang terbaik untuk mengatasi epidemi di negara-negara rentan.

Namun WHO tidak menyinggung negara-negara yang masuk dalam kategori rentan.

WHO menyatakan akan membantu negara-negara merencanakan respons agar siap siaga sesuai pedoman global yang diperbarui.

Sejauh ini ada sembilan dari 11 negara di ASEAN dan India yang memiliki kapasitas untuk menguji Covid-19.

Untuk negara yang belum memiliki kapasitas itu, WHO akan membantu pengiriman sampel ke laboratorium rujukan global dimana tiga di antaranya ada di Thailand dan India.

Selain itu, hampir 300 ribu alat pelindung diri yang terdiri dari masker bedah, sarung tangan, kacamata telah dipasok ke negara-negara anggota. Sebanyak 200 ribu lainnya sedang dibeli.

Menurut update terakhir dari WHO, ada lima negara yang masuk kategori Asia Tengara yang memiliki kasus Covid-19 yakni Thailand, India, Indonesia, Nepal dan Srilanka.

Sedangkan Malaysia, Singapura, Vietnam dan Filipina yang juga memiliki kasus Covid-19 dikategorikan oleh WHO sebagai regional Western Pacific.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.