oleh

Wisata Air Ungaran Yang Bikin Ketagihan Pengunjung

PortalMadura.Com – Kota Ungaran adalah ibu kota Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya tepat di sebelah selatan Kota Semarang yang meliputi Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Sebagian wilayah Kota adalah daerah padat penduduk.

Bila berkunjung ke Kota Ungaran rugi rasanya jika tidak menikmati kekayaan alamnya yang begitu indah dan membuat pengunjung akan betah dan ketagihan. Salah satunya adalah potensi wisata air yang tersebar di sejumlah lokasi. Di antaranya:

Air Terjun Semirang

air terjun semirang
Air Terjun Semirang (Foto Ig@layyina07)

Air terjun Semirang yang juga dikenal dengan sebutan Curug Semirang dibuka 24 jam. Lokasinya ada di hutan Ungaran Bar, Semarang. Tiket masuk hanya Rp5.000,-.

Ketinggian air terjun ini mencapai 45 meter dan mampu memberikan keindahan dan kesejukan yang luar biasa. Lahan wisatanya kurang-lebih mencapai 10 hektare.

Sangat cocok bagi yang travelling, suka tantangan, fotografi, refreshing, dan hiking. Keunikan, keindahan dan suasana segar mulai tersaji sejak masuk wilayah wisata.

Ada banyak sekali jenis pepohonan rindang yang mungkin pengunjung tidak tahu namanya. Belum lagi selalu ada kicauan burung dan kadal melintas sesekali di dekat kaki.

Selain itu, ada jenis satwa langka yang dilindungi tinggal di sini, yaitu jenis tupai (bajing) berekor panjang. Sejak masuk pintu wisata Ungaran ini, pengunjung perlu berjalan kaki mendaki bukit kira-kira 1 kilometer untuk sampai ke lokasi.

Jangan panik dulu, di sepanjang jalan juga telah tersedia tempat istirahat atau tempat duduk santai bila memerlukan. Cukup asyik untuk melengkapi swafoto.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan mendengar gemericik air dan menyeberangi sungai kecil yang sebenarnya bermuara pada air terjun.

Curug Lawe

Curug Lawe
Curug Lawe (Foto Ig@jagat.wingit)

Wisata ini menyajikan pesona air terjun yang sejuk dan menawan. Berada di kaki Gunung Ungaran. Lokasinya, Kalisidi, Ungaran Bar, Semarang dengan harga tiket masuk Rp5.000,-. Jam bukanya, dari pukul 06.00 – 15.00.

Wisata Ungaran Curug Lawe dikelilingi hutan lebat nan hijau. Berbagai jenis hewan liar sering melintas di area air terjun. Kebanyakan burung-burung yang tengah mencari makanan berupa ikan di kolam curug maupun kembali ke sarangnya.

Jernihnya air yang jatuh dari ketinggian 10 meter dan berasal dari sungai yang mengalir deras dari Gunung Ungaran menambah keindahan dan keunikan wisata ini.

Curug Lawe membalut diri dengan tebing melingkar, seakan-akan pengunjung berada di sebuah sumur yang dalam. Air terjun berada di tengah dari cekungan sebuah tebing dengan debit air cukup deras sehingga pengunjung disarankan untuk tidak mendekat bila tidak ingin basah.

Untuk sampai ke lokasi, pengunjung akan dipertemukan dengan sebuah jembatan Romantis yang cocok berswafoto. Warung makanan juga tersedia di sepanjang jalan.

Curug Benowo

Curug Benowo
Curag Benowo (Foto. Ig@curuglawe_kalisidimoreclean)

Gemuruh air yang cukup deras dan memanjakan telinga dari ketinggian air terjun yang mencapai 70 meter akan dirasakan oleh pengunjung.

Wisata Curug Benowo ini berlokasi Kalisidi, Rt. 01/ RW 06, Ungaran Barat, Kecamatan Ungaran Bar. Tiket masuk Rp4.000,- dengan jam buka mulai 06.30 – 15.15.

Wisata air ini sangat cocok untuk melepas penat. Alamnya masih perawan dengan pemandangan yang penuh eksotisme. Memiliki banyaknya cekungan tebing yang begitu tinggi. Jika dihitung tak kurang dari 25 buah tebing.

Watu Gunung

Watu Gunung
Watu Gunung (Foto. Ig @anifah.10)

Wisata Ungaran Watu Gunung menawarkan wisata alam dengan nuansa khas Jawa. Terdapat danau buatan dengan luas sekitar 60 meter dengan kedalaman 2 meter. Keberadaan danau ini menambah keasrian suasana area sekitar.

Wisata ini terdapat beberapa bangunan joglo yang dilengkapi dengan pernak – pernik etnik wayang. Nuansa Jawa pedesaan sangat dirasakan dari bangunan joglo yang berdiri di setiap sudut objek wisata dengan luas 3,5 hektare.

Lokasinya, Lerep Satu, Lerep, Ungaran Barat, Semarang dengan mematok tiket Rp20.000,-. Jam buka 08.00-17.00.

Pengunjung dapat bersantai duduk di atas batu-batu kali sambil menikmati pemandangan dan sejuknya udara, sembari berswafoto. Suasana semakin meriah tatkala burung – burung berkicau dengan merdunya terdengar pengunjung.

Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep Indah
Bukit Lerep Indah (foto. Ig@irawati_linda)

Wisata Bukit Lerep Indah menawarkan kolam renang yang airnya bersumber dari pegunungan Ungaran. Airnya jernih dan membuat nyaman pengunjung.

Lokasinya, Lerep, Ungaran Barat, Semarang dengan tiket masuk Rp7.000,-. Jam buka 08.00-16.00 WIB.

Kedalaman kolam hanya 1,5 meter. Namun, kesegaran air tanpa kandungan bahan kimia tambahan seperti kaporit. Bukit Lerep Indah berada di sekitar pegunungan dengan kondisi alam yang asri dan sangat terjaga.

The Fountain Water Park

The Fountain Water Park
The Fountain Water Park (Foto. Ig@ungaran_kotaku)

Wisata The Fountain Ungaran ini menyuguhkan beragam wahana permainan air menarik yang membuat pengunjung betah. Lokasinya, Jalan Bima Sakti Raya No.16A, Kelurahan Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Semarang dengan tiket Rp10.000,-. Jam buka 06.00-18.00.

Empat pilar kokoh dengan air pancur mengalir dari atapnya, itulah ikon The Fountain. Ikonnya berwarna kecoklatan, dengan pilar-pilar yang disusun membundar, menampakkan kesan Eropa dalam desainnya. Air mancurnya sendiri mengguyur para pengunjung yang duduk di bawah.

Bagi pengunjung yang datang untuk acara sekolah atau kantor, ada area rumput yang luas. Lahan tersebut bisa dipakai untuk melakukan Team Building, dan ragam permainan melatih kepemimpinan.

Ada Joglo, gazebo yang dipakai untuk piknik bersama. Bahkan tempat wisata Ungaran ini memiliki wahana Flying Fox.

Ada empat jenis kolam di tempat wisata Ungaran ini. Setiap kolam memiliki kedalamannya sendiri dan didesain terpisah.(melansir dari nativeindonesia.com](*).

Penulis : Hartono
Editor : Putri Kuzaifah
Tirto.ID
Loading...

Komentar