oleh

Wisata Alam dan Edukasi, inilah 3 Fakta Menarik Wisata Mangrove Kedatim Sumenep

PortalMadura.com – Sumenep adalah kabupaten paling timur di Pulau Madura, terdapat banyak sekali keindahan alam yang menakjubkan di Kabupaten ini, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata religi, sampai wisata sejarah. Keberadaan wisata yang sangat memesona ini menjadikan sumenep sebagai kota yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam atau luar negeri.

Baru-baru ini telah dibuka wisata alam yang juga terdapat nilai edukasi yang tinggi di kabupaten Sumenep yaitu Wisata Mangrove Kedatim. Kedatim disini merupakan singkatan dari Kebun Dadap Timur yang merupakan lokasi wisata tersebut.

Wisata Mangrove Kedatim ini memiliki Jogging Track total panjang 850 meter dengan masing-masing 250 meter menggunakan kayu dan 600 meter menggunakan bambu. Bisa bayangkan betapa Indahnya wisata ini? Saat Anda memasuki kawasan ini Anda akan disajikan dengan pemandangan perairan Kali Saroka yang dipenuhi dengan kurang lebih dari 30 Jenis Pohon Mangrove yang berjejer rapi di sepanjang track bambu sebagai akses utama untuk menikmati panorama wisata Mangrove Kedatim ini. Meskipun terbilang baru, wisata ini ternyata memiliki beberapa fakta menarik yang harus anda tahu, yaitu:

Fasilitas yang Nyaman

Beberapa fasilitas yang disediakan tempat ini adalah berupa gazebo dengan atap dari Rumput Ilalang yang menambah kesan eksotis yang letaknya di pinggir Jogging Track dan beberapa tempat spot foto yang memesona serta cafe dan toilet sudah tersedia.

Menyajikan Suasana yang Tenang

Jika Anda berkunjung ke wisata ini Anda akan disajikan dengan pemandangan indah Kali Saroka dan deburan ombak Pantai Selatan Kecamatan Saronggi. Selain itu jika Anda berkunjung di waktu sore, Anda bisa menikmati pemandangan matahari tenggelam dengan warna jingga yang memesona.

Sering Menjadi Tempat Penelitian

Selain menawarkan keindahan Alam yang menakjubkan, Wisata Mangrove Kedatim ini juga menawarkan nilai edukasi yang tinggi, dimana di tempat ini terdapat kurang lebih 30 Jenis Pohon Mangrove yang beragam, maka tak heran jika tempat ini sering di kunjungi dan kerap dijadikan sebagai tempat penelitian para mahasiswa dan mahasiswi khususnya program studi IPA.

Nah, itulah fakta menarik dari Wisata Mangrove Kedatim yang harus Anda tahu. Jika Anda warga Sumenep, akan sangat disayangkan jika Anda melewatkan untuk berkunjung ke wisata ini. Semoga bermanfaat.

Penulis : Fianolita Purnaningtias
-

Komentar