Wisata Pantai Lombang dan Slopeng Kembali Dibuka

Avatar of PortalMadura.com
Wisata Pantai Lombang dan Slopeng Kembali Dibuka
Pintu masuk Pantai Wisata Lombang Sumenep (Kredit foto facebook Arief Buser)

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akhirnya memutuskan untuk membuka dua objek wisata yang dikelola.

Objek wisata yang dibuka sejak hari ini, Jumat (4/6/2021), di antaranya, Pantai Wisata Lombang yang dikenal dengan rindangnya pohon cemara dan yang indah dengan gunung pasirnya.

“Tim Satgas telah mengeluarkan rekomendasi terhadap dua wisata itu [Slopeng dan Lombang, red]. Jadi, mulai hari ini, warga bisa kembali menikmati dua objek wisata itu,” terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi.

Bagi pengelola dua objek wisata tersebut, pihaknya menekankan agar tetap memerhatikan syarat dan ketentuan yang dituangkan dalam rekomendasi .

“Pengunjung dibatasi 25 persen dari jumlah kapasitas. Wajib ada termogan, masker dan hand sanitizer. Harus ada rambu-rambu jaga jarak bagi pengunjung serta tersedianya pos pantau,” urainya.

Pos pantau tersebut, kata dia, akan ditempati unsur TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP dan tim kecamatan setempat.

“Posko gabungan itu sewaktu-waktu melakukan pemantauan terhadap wisata dan pengunjung,” terangnya.

Penerapan aturan itu berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 0107 Menkes 382 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan.

“Dan jika ditemukan tidak memenuhi syarat, maka manajeman wisata harus siap dilakukan penutupan,” tandasnya.

Pihaknya menambahkan, jika situasi Covid-19 dari zona hijau kembali menjadi zona orange, maka wisata akan dilakukan penutupan kembali.

“Kita tidak melihat cluster penyebaranya, melainkan pada zona,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.