oleh

Wow, Ketahui 5 Fakta Menarik Minum Susu

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak kenal susu ? Minuman sehat ini banyak dijumpai dimana saja. Jenisnya pun beragam ada yang kental manis, bubuk, hingga dalam bentuk cair dan dengan rasa yang beragam pula. Tidak hanya itu, saat ini susu juga dikemas sedemikian rupa mulai dari kemasan ekonomi, sedang hingga besar pun ada. Anda hanya tinggal memilihnya sesuai selera dan kebutuhan.

Pada dasarnya susu memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh. Kandungan nutrisinya mampu menyehatkan sekaligus memberikan tenaga ekstra bagi yang mengonsumsinya.

Meski demikian, masyarakat Indonesia masih belum banyak yang sadar akan pentingnya minum susu bagi kesehatan. Terbukti dengan kecilnya tingkat minum susu tahunan setiap individu di Tanah Air.

Nah, berikut adalah fakta menarik dari susu yang dijelaskan Senior Nutrition Manager Fronterra Indonesia, Ines Yumahana.

1. Bagi Anda yang tidak menyukai susu, mulai sekarang wajib untuk mencobanya. Pasalnya kandungan nutrisi dalam dua gelas susu setara dengan protein dalam dua butir telur, kalsium dalam tuga mangkuk brokoli, vitamin B-12 dalam 85 gram daging sapi dan fosfor setara dengan satu mangkuk kacang.

2. Tahukah Anda, bahwa terdapat lima macam susu. Susu kacang kedelai memiliki 220 mg kalsium dan 5,6 gram protein. Susu almond terdiri dari 130 mg kalsium dan 1 gram protein. Susu sapi mengandung 280 mg kalsium dan 6,4 gram protein. Susu beras terdiri dari 230 mg kalsium dan 0,6 protein. Yang terakhir adalah susu kelapa yang memiliki 230 mg kalsium dan 0,6 protein.

3. Selain protein dan kalsium, susu juga menyimpan banyak kandungan nutrisi lain seperti vitamin B-12, fosfor, vitamin B2, biotin, vitamin B5, vitamin A, kalium, zink, magnesium dan yodium. Semua nutrisi tersebut terkandung dalam susu dengan kadar yang berbeda beda.

4. Susu mengandung protein yang berkualitas tinggi. 80% kasein dan 20% whey protein. Selain itu susu juga mengandung sembilan asam amino esensial (sembilan asam amino yang tidak dapat dibentuk sendiri dalam tubuh manusia).

5. Selain protein tinggi, susu juga mengandung lemak yang merupakan sumber energi penting yang baik untuk pertumbuhan tubuh. Lemak adalah pembawa vitamin A, D, E dan K dan mendukung penyerapannya.

Bagaimana, banyak sekali bukan nutrisi yang terkandung dalam susu. So, pastikan dari sekarang tidak ada alasan untuk tidak minum susu ya. (okezone.com/Nanik)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.