oleh

Wow, Menakjubkan! Penelitian Membuktikan Orang yang ‘Suka Menyendiri’ Lebih Gampang Sukses

PortalMadura.Com – Pernah dibilang pendiam atau hobi Anda menyendiri?. Orang yang demikian adalah orang introvert dan berpotensi untuk menjadi seorang enterpreneur hebat.

Kedengerannya memang membingungkan. Mana bisa orang yang suka menyendiri lebih cepat sukses?. Tentu saja penyataan ini ada penjelasannya, bahkan ada penelitian yang membahas hal tersebut.

Pasti banyak yang beranggapan bahwa orang introvert tidak mudah menggapai kesuksesan, berbeda halnya dengan orang ekstrovert. Orang ekstrovert mudah sukses karena pintar bersosialisasi dengan banyak orang.

Tenyata saat menyendiri, orang introvert akan menjadi sahabat terbaik bagi dirinya sendiri. Mereka bisa lebih fokus memusatkan perhatian pada hal-hal yang dianggapnya paling penting. Saat akan membuat keputusan-keputusan penting, mereka juga akan lebih terlatih untuk percaya pada diri sendiri.

Orang yang suka menyendiri mengandalkan rasa percaya dirinya saat menyendiri dan kepercayaan diri inilah yang akan mengantarkan pada pintu kesuksesan yang diinginkan.

Tahun 2013, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Richard Depue dari Cornell University menunjukkan perbedaan produksi kadar dopamin pada orang ekstrovert dan introvert. Apa itu dopamin?.

Dilansir dari kamuskesehatan.com, dopamin adalah sebuah neurotransmiter yang membantu mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan di otak. Dopamin juga membantu mengatur tindakan dan tanggapan emosional, sehingga memungkinkan mereka untuk tidak hanya mengapresiasi penghargaan, tetapi juga mengambil tindakan untuk meraihnya.

Pada orang ekstrovert, kadar produksi dopamin meningkat saat mereka mendapatkan imbalan. Sementara pada orang introvert yang suka menyendiri, kadar produksi dopamin hanya sedikit, sehingga cara mereka memandang makna imbalan berbeda dengan orang ekstrovert.

Orang introvert tidak terlalu impulsif atau berlebihan, mereka bisa lebih fokus pada hal-hal penting yang mereka butuhkan dalam hidup. Menghabiskan waktu dengan menyendiri bisa memberi ruang untuk melakukan refleksi diri.

Mereka juga tidak akan terlalu ceroboh dalam mengambil langkah karena bisa memperhitungkan konsekuensi dan risiko yang ada dengan lebih matang.

Jadi, jika memang Anda butuh waktu untuk menyendiri, luangkan waktu khusus. Apalagi kalau Anda sedang didesak untuk membuat keputusan penting dalam hidup Anda, jangan sampai Anda ceroboh dan melakukan kesalahan karena terburu-buru.

Gunakan waktu menyendiri untuk merenung dan menentukan langkah-langkah hidup Anda selanjutnya, Anda hanya perlu keyakinan bahwa Anda bisa lebih gampang sukses dengan cara Anda menyindiri. (vemale.com/Salimah)


Komentar