oleh

Wujudkan Hidup Bebas Utang dengan 4 Cara Ini

PortalMadura.Com – Pengeluaran di tengah pandemi yang tidak kunjung berakhir ini rasanya semakin banyak dan bertambah terus. Tidak hanya untuk pembayaran rumah tangga seperti tempat tinggal, air, televisi dan lain-lain, tetapi kepentingan untuk menjaga imunitas dari mulai makanan bergizi, multivitamin, dan berbagai buah-buahan juga harus terpenuhi.

Alhasil, dari saking banyaknya pengeluaran tersebut banyak dari mereka yang kemudian kebablasan membeli banyak barang sehingga pada akhirnya harus mengutang untuk menutupinya. Pada hakikatnya, mengutang memang tidak jadi masalah asalkan tetap terukur dan terarah pembayarannya nanti.

Sebagaimana Menurut Perencana Keuangan Finansialku, Shierly, berutang memang tidak masalah selama terukur dan diperhitungkan, terlebih lagi fokuskan kepada tujuan berutang itu sendiri.

“Jika memang bertujuan untuk yang sifatnya konsumtif maka barulah kita evaluasi diri, ada yang salah terhadap gaya hidup yang dijalankannya,” kata Shierly sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (30/7/2021) dari laman Idntimes.com.

Lantas, bagaimana cara agar bisa hidup tanpa utang?. Yuk simak penjelasan berikut ini:

Menyesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuan Finansial

Gaya hidup seolah menjadi musuh yang digaungkan jika seseorang banyak utang, terlebih utang-utang tersebut bersifat konsumtif.

“Semua berawal pada gaya hidup. Memiliki kondisi keuangan yang baik karena memiliki gaya hidup yang cukup dan sederhana,” kata Shierly.

Membuat Anggaran Pemasukan dan Pengeluaran

Selain menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan finansial, kata Shierly yang terpenting adalah buat selalu anggaran pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya.

“Jika kamu sudah pernah membuatnya dan ternyata pola pemasukan dan pengeluaran masih sama, maka hal tersebut tetap bisa menjadi landasan mu di setiap bulan,” ujar Shierly.

Menambah Penghasilan

Untuk menghindari utang tentunya memiliki penghasilan tambahan menjadi jawaban selanjutnya. Konsep dari manajemen keuangan adalah, Anda bisa menekan pengeluaran dan menambah penghasilan agar bisa memiliki kelebihan uang untuk menabung dan berinvestasi.

Menganalisa Setiap Keputusan Finansial

Saat Anda memiliki tujuan keuangan untuk tidak memiliki utang dalam hidup maka kunci selanjutnya adalah melakukan analisa dalam setiap pengambilan keputusan finansial.

“Kamu tidak bisa impulsif memutuskan segala tindakan ya,” kata Shierly.

Komentar