Yuk, Amankan Akun dan Data Anda di Facebook dengan 5 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Yuk, Amankan Akun dan Data Anda di Facebook dengan 5 Cara Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di era informasi seperti sekarang ini, pengguna perlu menjaga dan melindungi keamanan datanya masing-masing. Sebab, baru-baru ini facebook tengah menjadi sorotan lantaran skandal kebocoran data pengguna dalam jumlah yang besar.

Pasalnya, data tersebut diduga digunakan sebagai kepentingan politik. Tidak heran, banyak pengguna facebook yang merasa khawatir takut datanya diperjualbelikan dan digunakan tanpa sepengetahuan penggunanya.

Lantas, bagaimana cara atau antisipasi untuk melindungi data dari pihak yang tidak bertanggung jawab ini?.

Ada lima langkah yang yang bisa dilakukan untuk membuat data yang Anda miliki di Facebook menjadi lebih aman. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Unduh Semua Data Facebook Anda
Facebook sebenarnya memiliki fitur untuk pengguna agar mereka bisa mengunduh dan mem-backup semua data yang ada pada akun masing-masing.

Caranya mudah, pada bagian pojok kanan atas tekan tombol panah ke bawah untuk memunculkan menu. Kemudian pilih menu “setting”. Kemudian pada halaman “General Account Setting” Anda akan menemukan tombol “Download a copy”.

Tombol ini berfungsi untuk mengunduh semua aktivitas Anda di Facebook, termasuk dengan informasi-informasi apa saja yang telah Anda posting, pesan terkirim, hingga iklan apa saja yang telah Anda klik.

Ubah Setelan Privasi Anda
Masih pada halaman setting, Anda akan menemukan tombol “privacy”. Di sini Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat profil Anda. Anda juga bisa mengatur siapa saja yang dapat memberi Anda permintaan pertemanan, melihat daftar teman Anda, hingga melihat foto pribadi Anda.

Anda bisa mematikan ke semua pengaturan dengan menekan tombol “edit” pada sisi kanan dan mengatur sesuai dengan keinginan Anda.

Mengubah setelan Linimasa dan “Tagging”
Pada menu “setting” atau setelan, Facebook juga melengkapi pengaturan agar Anda dapat memilih siapa saja orang yang bisa melihat aktivitas Anda.

Ada beberapa pilihan di sini, yakni setelan untuk linimasa dan setelan untuk “tagging”. Pada setelan untuk linimasa, Anda bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat postingan-postingan Anda. Anda bisa memilih apakah hanya Anda sendiri atau teman-teman terdekat Anda.

Sementara pada menu “tagging” Anda juga bisa mengubah sesuai keinginan siapa saja teman yang bisa menandai (tag) Anda pada postingannya.

Cek Aplikasi Pihak Ketiga yang Aktif
Bocornya 50 juta data Facebook dikarenakan oleh aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar teliti memeriksa aplikasi apa saja yang mendapat akses pada data pribadi Anda.

Caranya juga mudah, pada halaman setting di bagian bawah Anda akan menemukan tombol “apps” atau aplikasi. Dengan mengklik tombol ini Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang memiliki akses pada data pribadi Anda.

Periksa aplikasi tersebut dengan saksama dan matikanlah aplikasi yang kira-kira mencurigakan serta membahayakan.

Hapus Facebook Anda
Ini adalah pilihan terakhir ketika Anda sudah tidak ingin lagi menggunakan media sosial ini. Bagi Anda yang ingin menghapus akun secara permanen, Anda cukup masuk pada menu “setting” kemudian pilih “download a copy of your Facebook data” seperti pada pilihan pertama.

Setelah itu, Anda harus menuju halaman ini kemudian klik “delete my account”. Untuk pilihan terakhir ini Anda harus memastikan bahwa semua data telah Anda backup terlebih dahulu. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.