Yuk Dicoba, 5 Cara Sederhana Redakan Demam dan Pilek!

Avatar of PortalMadura.com
Yuk Dicoba, 5 Cara Sederhana Redakan Demam dan Pilek!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Munculnya masalah kesehatan pada diri seseorang adalah dengan terjadinya perubahan suhu yang tidak menentu seperti sekarang. Adanya paling rentan muncul di perubahan suhu.

Bukan merupakan hal aneh yang dialami oleh sejumlah orang dengan masalah kesehatan ini. Bahkan dalam setahun, seseorang bisa mengalami masalah kesehatan ini beberapa kali. Penyakit ini muncul karena virus sehingga bisa diatasi oleh tubuh sendiri tanpa menggunakan pengobatan.

Penting bagimu untuk mengendalikan dan mengenali gejala yang muncul. Hidung berair, sakit tenggorokan, batuk, hidung mampet, dan sakit kepala, merupakan gejala dari demam. Walau hal ini bisa sangat mengganggu, namun tidak ada bahaya yang muncul dari hal ini.

Hingga gejala ini benar-benar sirna dari tubuhmu, terdapat sejumlah hal yang bisa kamu lakukan. Sejumlah hal ini bisa membantu mengurangi dampak dari gejala yang muncul. Untuk meredakan sejumlah gejala ini, Anda bisa menggunakan bahan yang alami dan cara yang sederhana.

Seperti yang dilansir merdeka.com dikutip dari The Health Site, berikut sejumlah cara alami dan sederhana untuk meredakan demam dan pilek.

Beristirahat
Istirahat merupakan obat terbaik terhadap semua masalah kesehatan yang Anda alami. Beristirahat bisa membantu tubuh melawan virus yang masuk ke dalam tubuh dengan lebih optimal. Ketika bersitirahat, tingkat stres di dalam tubuh bisa menurun sehingga lebih efisien dalam melawan virus. Beraktivitas ketika sakit hanya bakal membuatmu lebih lemah dan penyembuhan lebih lambat.

Baca Juga: Delapan Fakta Demo Mahasiswa Sumenep Tolak RUU Kontroversial

Banyak Minum
Demam, hidung mampet, dan menurunnya kekebalan tubuh bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Untuk mencegah masalah ini, pastikan cukup minum air, jus, atau sup. Ketika Anda sedang dehidrasi, tubuh bakal kesulitan untuk melawan virus yang masuk. Konsumsi minuman yang nyaman di lambung dan juga memberi nutrisi pada tubuh.

Sering Berkumur
Tanda pertama dari demam adalah sakit di tenggorokan. Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu menurunkan peradangan dan iritasi di tenggorokan. Berkumur yang Anda lakukan ini juga dapat menghilangkan lendir berlebih serta rasa kering di tenggorokan. Campurkan setengah sendok teh garam pada air untuk mendapat manfaat luar biasanya.

Hirup Uap
Uap hangat ketika dihirup dengan tepat bisa melegakan dari hidung mampat yang Anda alami. Hal ini merupakan solusi sementara dan sebaiknya diulangi setidaknya dua kali sehari. Untuk menambah manfaat yang diperoleh, Anda bisa menambah minyak esensial pada air yang Anda hirup. Ketika menghirup uap, ingat untuk menutup mata agar tak mengalami iritasi.

Nyalakan Humidifier
Demam dan pilek yang Anda alami biasanya tidak mengenal musim. Hal ini bisa terjadi kapan pun dalam setahun. Namun virus bisa tersebar lebih cepat ketika udara kering. Menyalakan humidifier bisa membuat pernapasanmu lebih lega dan nyaman. Udara kering bisa meningkatkan iritasi yang disebabkan sakit tenggorokan, batuk, dan hidung mampet.

Sejumlah cara tersebut bisa coba Anda lakukan untuk mengobati dan mencegah masalah lebih parah. Hal tersebut juga dapat mempercepat penyembuhanmu saat ini.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.