Yuk, Ikuti Cara Rasulullah Temukan Lailatul Qadar

Avatar of PortalMadura.Com
Yuk, Ikuti Cara Rasulullah Temukan Lailatul Qadar
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan malam yang penuh keberkahan dan kemuliaan. Sehingga, malam yang memiliki 1.000 keistimewaan ini menjadi misteri bagi setiap hamba yang mencari dan menanti kehadirannya.

Seakan-akan malam Lailatul Qadar menjadi rahasia Allah SWT semata, dan hanya hamba-hamba-Nya tertentu yang dikehendaki untuk menemukannya.

Perlu Anda ketahui, bahwa Lailatul Qadar itu akan berlangsung dari waktu malam dimulai, yaitu dari terbenamnya matahari sampai terbit fajar subuh. Keinginan untuk mendapatkan Lailatul Qadar ini bukanlah sesuatu yang tidak beralasan. sendiri lebih fokus beribadah pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

Sebagaimana yang disebutkan Aisyah, ia berkata: “Rasulullah ketika memasuki sepuluh malam terakhir bulan Ramadan memilih fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut beribadah,” (HR Al-Bukhari).

Berdasarkan hadis di atas, bahwa sepuluh malam terakhir Ramadan merupakan waktu yang terbaik untuk beribadah. Sebagian ulama mengatakan, Rasulullah meningkatkan kesungguhannya beribadah pada sepuluh malam terakhir dibandingkan malam sebelumnya.

Menurut Ibnu Bathal, hadis ini menginformasikan kepada kita bahwa malam Lailatul Qadar terdapat pada sepuluh malam terakhir Ramadan. Karenanya, Rasulullah lebih fokus beribadah pada malam tersebut dan menganjurkan umatnya untuk melanggengkan ibadah di malam sepuluh terakhir.

Oleh karena itu, kita memang tidak tahu secara pasti kapan terjadinya malam Lailatul Qadar. Namun, usahakan setiap malam di sepuluh terakhir diisi dengan memperbanyak ibadah. Tidak ada satu malam pun yang tidak dihiasi dengan ibadah, supaya malam Lailatul Qadar tidak terlewatkan. (pintarin.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.