Yuk, Intip 6 Tips Hemat Pulsa Saat Liburan ke Luar Negeri

Hemat pulsa
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Berlibur ke luar negeri tentu akan membuat Anda terkena biaya roaming yang jadi penghambat menikmati liburan. Apalagi, koneksi internet pasti sangat dibutuhkan selama liburan. Baik untuk update mengenai makanan khas negara yang Anda kunjungi, berbagi keseruan liburan di media sosial, maupun chatting dengan teman-teman Anda.

Namun Anda tidak perlu kuatir, ada beberapa cara agar Anda bisa tetap menikmati liburan dan supaya tidak diribetin dengan masalah biaya internet yang mahal di luar negeri. Dan tidak harus pusing mencari cara isi pulsa saat paket data anda tiba-tiba telah habis.

Berikut enam cara supaya Anda dapat menghemat pulsa ketika berada di luar negeri:

Temukan Penawaran Roaming
Sebelum berangkat ke bandara, pastikan operator seluler Anda memiliki penawaran paket roaming internasional, yang dapat membantu menghemat pemakaian data.

Ketika sampai pada tempat tujuan, gunakan waktu untuk membaca SMS dari operator seluler dengan saksama. SMS tersebut biasanya berisi rincian biaya untuk panggilan, SMS, dan pemakaian paket data selama liburan.

Gunakan Browser dengan Penggunaan Data Rendah
Bila Anda menggunakan data lebih sedikit, tentunya Anda dapat menghemat uang, dan berselancar di internet lebih cepat ketika sedang di lokasi dengan sinyal lemah. Dalam hal ini peramban mobile Opera Mini dapat menekan penggunaan data pada halaman web menjadi 10 persen dari ukuran aslinya.

Baca Juga:  Pilih Portable Speaker yang Punya 4 Keunggulan Ini, Apa saja?

Selain itu, Opera Mini juga memiliki fitur penghitung data yang menunjukkan berapa banyak data yang dihemat. Opera Mini juga berfungsi di zona Wi-Fi yang lambat dan digunakan banyak orang seperti bandara dan kafe.

Matikan Pencurian Data
Matikan notifikasi dan data yang berjalan di proses latar belakang (background process). Statistik menunjukkan data latar belakang, saat aplikasi tidak digunakan dapat memakan data hingga 30 persen.

Matikan Sinkronisasi
Jika Anda telah mengatur Dropbox, Facebook atau Google Drive untuk mengunggah foto-foto liburan dari ponsel Anda secara otomatis, matikan sinkronisasi ini. Tujuannya tentu demi menekan penggunaan data. Anda juga bisa menyesuaikan pengaturan di smartphone Anda sehingga foto-foto liburan hanya akan terunggah jika ponsel Anda terhubung dengan Wi-Fi.

Kompres Data di Ponsel Anda
Cobalah aplikasi yang dapat menghemat penggunaan data seperti Opera Max yang dapat memperkecil penggunaan data, gambar dan video di seluruh aplikasi di ponsel Anda.

Baca Juga:  Inilah 6 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Liburan

Opera Max juga memberi tahu aplikasi yang mengonsumsi data latar belakang paling banyak. Hal ini memungkinkan Anda memblokir aplikasi tertentu yang menggunakan data seluler dan membatasinya dengan menggunakan Wi-Fi saja.

Siapkan Segala Macam Hiburan di Ponsel Anda
Tentunya daftar putar (playlist) musik dan film menjadi teman Anda selama di perjalanan. Selain itu Anda juga bisa mencoba menyimpan halaman-halaman web yang sering Anda kunjungi. Beberapa browser seperti Opera Mini memiliki fitur yang memungkinkan Anda menyimpan halaman web dan dapat digunakan secara offline. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya tanpa mengaktifkan roaming atau mencari Wi-Fi. (liputan6.com/Salimah)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.