Yuk, Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Agar Otak Anda Tak Mudah Pikun

Avatar of PortalMadura.com
Yuk, Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini Agar Otak Anda Tak Mudah Pikun
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan sangat penting dilakukan. Pasalnya, otak memegang peranan penting untuk menyimpan memori. Untuk itu, Anda disarankan mengonsumsi jenis tertentu yang bisa menyehatkan otak dan meningkatkan daya ingat Anda.

Lantas, makanan apa saja yang bisa mencegah dini?. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan otak Anda:

Blueberry
Studi yang dimuat dalam “Journal of Neuroscience” menemukan, blueberry bisa menunda penurunan memori jangka pendek. Buah ini kaya antioksidan sehingga mampu melindungi otak dari inflamasi.

Mengonsumsi dua setengah cangkir blueberry setiap minggu ampuh meningkatkan daya ingat Anda.

Ikan
Lemak ikan dari salmon, makerel, dan sarden sangat baik bagi kesehatan otak. Asam lemak dari ketika jenis ikan itu mengandung vitamin D dan omega-3 yang membuat otak berfungsi optimal.

Tubuh tidak selalu memproduksi vitamin D, dan Anda pun tidak selalu bisa mengandalkan sinar matahari untuk mendapatkan asupan vitamin itu sehingga baik untuk mengaksesnya dari nutrisi makanan seperti ikan.

Kopi
Anda pencinta kopi? Nah, kafein dalam kopi bisa meningkatkan ingatan jangka pendek dan konsentrasi. Selain itu, kafein juga mengurangi risiko penurunan daya kognitif seiring bertambahnya usia.

“Kafein telah dikaitkan dengan penurunan risiko Alzheimer. Satu studi menunjukkan, peminum kopi memiliki kemungkinan 65 persen lebih sedikit mengembangkan risiko penyakit itu,” jelas seorang penulis buku Three Steps to a Healthier You, Alissa Rumsey.

Tapi perlu diingat, yang dimaksud adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau krim berlebih.

Kacang-kacangan
Menurut studi yang dipublikasikan dalam”American Journal of Epidemiology“, vitamin E dapat membantu mencegah penurunan daya kognitif. Anda bisa mendapatkan makanan otak ini dari segenggam kacang-kacangan, terutama almond.

Minyak Zaitun
“Minyak zaitun mengandung polifenol, antioksidan hebat yang dapat mencegah dan membalikkan penurunan memori karena usia atau penyakit,” ujar Rumsey.

Jadi, mulailah tambahkan minyak zaitun dalam sajian masakan atau salad Anda. (liputan6.com/Salimah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.