Yuk Perbaiki Pola Tidurmu dengan Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
bermain gadget
Ilustrasi

PortalMadura.Com yang baik adalah 7-8 Jam saat malam hari. Namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut melenceng dari ekspektasi kita.

Tidur tak teratur disebabkan karena insomnia, atau karena pekerjaan yang belum selesai, deadline, atau hanya nongkrong bersama teman, atau sebab yang paling banyak ditemukan adalah hanya bermain gadget sampai lupa waktu. Hal tersebut sudah memang bukan sesuatu yang baik untuk dijadikan kebiasaan. Lalu bagaimana cara mengatur kembali pola tidur menjadi lebih baik? Mari kita bahas bersama.

Dilansir dari Medical Daily, peneliti menemukan bahwa mereka yang menggunakan smartphone atau laptop lebih dari empat jam sehari mengalami masalah dalam hal tidur ini. Mereka cenderung tidur dan bangun 30 menit lebih lambat dibanding pada orang yang menatap smartphone kurang dari satu jam per hari.

“Remaja cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dengan perangkat elektronik ini dan keluhan terhadap tidur sering dilakukan pada kelompok usia ini,” jelas peneliti Dirk Jan Stevens dari Amsterdam UMC hospital di Belanda.

Penelitian terbaru ini menunjukkan bahwa paparan terlalu banyak dari cahaya biru di perangkat ini dapat mempengaruhi waktu kerja dalam otak. Selain itu bagian lain yang dipengaruhi dari hormon tidur melatonin yang menyebabkan gangguan waktu dan kualitas tidur.

Kurangnya tidur tak hanya menyebabkan gejala sementara seperti kelelahan dan turunnya konsentrasi. Hal ini juga bisa meningkatkan risiko dari masalah kesehatan jangka panjang seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

“Disini kami menunjukkan bahwa masalah tidur ini bisa sangat mudah dibalik efeknya dengan meminimalisasi penggunaan perangkat di malam hari atau paparan dari cahaya biru. Berdasar data kami, sangat mungkin bahwa masalah tidur remaja dan keterlambatan tidur ini setidaknya disebabkan oleh cahaya biru dari layar,” jelas Stenvers.

Dalam penelitian ini, tim peneliti sudah melakukan percobaan terkontrol pada kelompok kecil pengguna smartphone. Percobaan ini bermaksud untuk mengukur efek dari menghalau cahaya biru dengan kacamata dan tidak menggunakan perangkat selama malam hari terhadap pola tidur seseorang. Hasilnya berhasil dan pola tidur mereka kembali seperti semula.

Nah itulah cara untuk memperbaiki pola tidurmu yang kacau menjadi lebih baik. Tentunya bukan hal yang mudah kan untuk tidak memainkan gadget? Akan tetapi jika sudah diniatkan dari awal, siapa tahu? Jangan takut mencoba hal yang baik untuk memperbaiki kesehatan. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.