oleh

Yuk Rasakan 3 Manfaat Masker Pisang Bagi Rambut

PortalMadura.Com – Pisang merupakan salah satu buah bercita rasa manis dan lembut. Di dalamnya ia mengandung nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh. Satu buah pisang biasanya memuat kalium dan vitamin B yang cukup tinggi.

Selain dikonsumsi secara langsung atau dibuat olahan seperti jus, pisang juga bisa dijadikan masker rambut. Tidak hanya itu, buah ini juga disebut-sebut mempunyai silika, yaitu senyawa mineral yang bisa berubah menjadi silikon.

Apa itu silikon?. Ia adalah unsur kimia yang dapat membuat rambut Anda menjadi lebih tebal dan kuat. Tidak heran jika mengolah pisang menjadi masker bisa menghasilkan rambut yang lebih indah.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari masker tersebut. Apa saja?. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja manfaat masker pisang dan bagaimana cara mengolahnya, seperti dilansir PortalMadura.Com, Selasa (17/12/2019) dari laman Hellosehat.com:

Membantu Mengurangi Ketombe

Sebagai pemerhati kecantikan, jika ada masalah dalam rambutnya misalnya ketombe tentu akan merasa terganggu. Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, masker pisang bisa menjadi solusinya. Karena, salah satu manfaat pisang untuk rambut adalah membantu mengurangi ketombe.

Menurut sebuah penelitian dari Avicenna Journal of Medical Biotechnology, buah pisang mengandung senyawa yang berguna bagi kesehatan rambut, yaitu antioksidan dan antibakteri.

Perlu Anda tahu, rambut berketombe biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu kering atau berminyak dan jamur yang memakan minyak kulit kepala orang dewasa.

Penggunaan masker pisang yang mengandung senyawa antibakteri tersebut bisa membantu mengurangi pertumbuhan jamur di kulit kepala. Selain itu, masker pisang juga menjaga keseimbangan kelembapan pada kulit kepala, sehingga ketombe Anda pun bisa berkurang.

Rambut Tampak Lebih Berkilau

Selain mengurangi ketombe, manfaat pisang untuk rambut yaitu membantu membuatnya lebih berkilau. Kandungan antioksidan yang tinggi pada pisang adalah alasan mengapa buah yang satu ini bisa membuat rambut tidak lagi kusam.

Selain itu, hal ini juga dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Journal of Photochemistry and Photobiology B: Biology. Di dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa antioksidan pada ekstrak beras dapat menembus batang rambut dan membentuk lapisan pelindung.

Tidak heran jika rambut tampak lebih berkilau, terutama untuk rambut yang sering diwarnai. Kemungkinan besar antioksidan yang terdapat pada pisang juga berefek sama pada rambut.

Bahkan, antioksidan juga melindungi rambut dari bahaya radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi dan paparan sinar matahari. Maka dari itu, masker pisang yang kaya akan antioksidan baik untuk menambah kilauan pada rambut. Tidakkah Anda ingin mencobanya?.

Membantu Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Rambut tipis bagi sebagian orang menjadi masalah tersendiri. Sebab, seseorang merasa kurang percaya diri saat berpenampilan. Nah, ketika Anda mengalami rambut rontok sampai terlihat tipis, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Manfaat masker pisang hadir untuk mempercepat pertumbuhan rambut Anda.

Sebenarnya, rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres yang memicu kerontokan rambut. Akibatnya, rambut menjadi mudah rapuh dan sulit diatur.

Baca Juga : Yuk Coba, Resep Masker Pisang Untuk Atasai Rambut Patah

Namun, karena masker pisang kaya akan antioksidan, kerontokan rambut tidak lagi menjadi persoalan. Antioksidan pada masker pisang akan menyerap di kulit kepala Anda dan mengurangi stres oksidatif yang membuat rambut Anda cepat rontok.

Selain itu, rutin memakai masker buah berwarna kuning ini juga memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut Anda. Bagaimana, masih ragu dengan khasiat buah pisang?.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hellosehat.com

Komentar