Ziarah Makam Raja Joharsari, Baca Surah Ini Agar Allah Cepat Kabulkan Hajatnya

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: HartonoEditor: Putri Kuzaifah
Ziarah Makam Raja Joharsari Baca Surah Ini Agar Allah Cepat Kabulkan HajatnyaZiarah Makam Raja Joharsari Baca Surah Ini Agar Allah Cepat Kabulkan Hajatnya
Kiri, Makam Raja Joharsari bersama istri (Nor Fitriyah @portalmadura.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Makam Raja Joharsari banyak dikunjungi peziarah, baik warga Madura maupun dari luar Madura, seperti dari Banyuwangi, Lumajang dan sekitarnya.

Makam Raja Joharsari itu, ada di Kampung Juwar Barat, Desa Tanah Merah, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Lokasinya, 5 KM ke arah timur di simpang tiga sebelah utara Lapangan Karapan Sapi, Jalan Raya Bluto, Sumenep.

Panembahan Joharsari yang tercatat urutan kelima sebagai raja Sumenep ini, memimpin antara tahun 1319-1331 Masehi dan disebut-sebut raja pertama di Sumenep yang memeluk agama Islam.

Setibanya di lokasi asta (makam), pengunjung akan melihat bangunan nuansa klasik dan modern. Atap cungkup berbahan jerami dan ilalang. Bagian dinding cungkup berbahan keramik dengan pintu masuk dari kayu diukir motif bunga.

Tinggi cungkup tidak lebih dari 2 meter, jika pengunjung mau masuk harus merunduk. Dan panjang nisan Panembahan Joharsari kurang lebih 5 meter.

Ziarah Kubur

Bagi warga muslim, melakukan ziarah kubur termasuk salah satu amalan yang mulia. Rasulullah SAW menganjurkan untuk ziarah kubur agar senantiasa ingat kepada kematian dan akhirat.

Baca Juga:  4 Tim Lolos Semifinal, Berikut Jadwal Laga Liga Santri KSAD di Sumenep

Ziarah kubur tidak sekedar datang dan berkunjung, namun ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan dan dikirimkan, seperti mengucapkan salam, baca istighfar, baca surah Alfatihah, baca surah Alikhlas, Alfalaq dan Annas serta baca doa jenazah.

Namun, bila melakukan ziarah ke makam Raja Joharsari, selain bacaan tersebut, ada surah yang disarankan oleh penjaga (juru kunci/ kuncen) agar hajatnya cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Bahkan, ada jumlah (hitungan) tertentu yang perlu dipenuhi agar lebih fokus untuk mengingat Sang Pencipta. Bacaan dan hitungan itu disampaikan kuncen Osman (48) pada PortalMadura.Com pada saat berkunjung, Senin (16/5/2022).

Bacaan salah satu surah dalam Alquran itu secara turun temurun diceritakan dan diingatkan agar disampaikan pada pengunjung bila menanyakan bacaan atau surah Alquran yang perlu diperbanyak.

Surah Alquran yang dimaksud sebagai berikut:

Qul huwallahu ahad, allahu somad, lam yalid wa lam yụlad, wa lam yakul lahụ kufuwan ahad.” (Surah Alikhlas).

Baca Juga:  Produktivitas Gol Tim Darun Najah vs Al Istikmal

“Baca qolhu (Alikhlas) seribu (1.000) kali,” kata Osman.

Peziarah Banyak Yang Dikabul oleh Allah

Osman mengatakan, banyak peziarah yang datang kembali dan menceritakan bahwa hajatnya dikabul oleh Allah. “Seperti keberatan (keuangan, red), soal usaha dan apa yang diminta sama Allah. Alhamdulillah banyak yang dikabul,” ujarnya.

Mereka yang hajatnya dikabulkan oleh Allah, kata dia, kembali dengan menggelar selamatan atau tasyakuran. Ada yang membawa makanan dan ikan ayam.

“Ada juga yang dimasak di sini, tempat masak dan alat-alat dapur sudah dipersiapkan,” katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.