Agar Akses Internet Aman Bagi Anak? Lakukan Tips Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Agar Akses Internet Aman Bagi Anak? Lakukan Tips Ini!
Ist.Net

PortalMadura.Com – Internet sudah bukan hal baru lagi bagi anak-anak. Games dan hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan mereka seringkali membutuhkan akses internet. Namun, Penggunaan internet adalah masalah besar yang sangat subjektif.

Teknologi bisa memberikan dampak yang baik maupun jahat, tergantung penggunanya. Untuk memastikan bahwa anak-anak Anda menggunakan internet dengan bijak, mari kita bahas penggunaan internet yang aman untuk anak. Yuk simak!

Dampingi Saat Anak Bermain Gadget
Meski kadang membuat risih anak, orang tua tak perlu ikut risih dan canggung saat mendampingi anak-anaknya ketika bermaian gadget atau melakukan akses internet. Tanyakan beberapa hal tentang apa yang sedang dilakukan dengan gadgetnya dengan nada yang tidak menyindir dan apapun yang membuat anak menjadi terintimidasi.

Posisikan diri Anda sebagai teman dan sahabat dari anak-anak Anda saat melakukan pendampingan agar Anda bisa masuk dunia mereka dan agar anak Anda tak merasa sedang dipantau dan terintimidasi. Ketahui apa saja yang dilakukan anak-anak anda saat berselancar di dunia maya. Pantau perilakunya saat dan setelah bermain dengan gadgetnya tersebut dengan berkala.

Penyaringan Situs
Pencegahan paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan anak saat berselancar online adalah mengatur penyaringan web pada router Anda dengan Open DNS. Dan juga Anda dapat mengaktifkan Web Filtering di hampir semua perangkat. Hal itu berfungsi memblokir situs-situs yang tidak boleh diakses anak-anak. Misalnya situs porno dan provokatif.

Monitoring Software
Anda dapat menggunakan Internet Software Monitoring. Software tersebut akan terhubung dengan email Anda jadi Anda bisa tahu situs apa yang sedang diakses, apa saja yang di-download, dan percakapannya.

Berteman di Sosial Media
Dengan berteman di sosial media, Anda dapat memantau timeline sosial media anak-anak. Dari situ Anda bisa tahu dengan siapa dia berteman, apa yang mereka bicarakan, hal apa yang sedang dipikirkan atau disukai anak Anda, dan hal-hal lain.

Selain itu, Anda harus menjelaskan pada anak-anak tentang fungsi internet, dan mengapa mereka diperbolehkan menggunakannya. Jelaskan juga tentang hal-hal yang tidak boleh mereka lakukan beserta alasannya. Yakinkan anak-anak agar mereka mau terbuka dengan Anda perihal internet tanpa merasa tertekan. (tipsanakbayi.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.