Kebutuhan Pangan di Pamekasan Aman

Avatar of PortalMadura.Com
Kebutuhan Pangan di Pamekasan Aman
ilustrasi kompasiana

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur memastikan jika kebutuhan pangan tahun 2015 masih aman terkendali. Seperti, gabah, padi, jagung dan lain-lain.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Pamekasan, Lukman Hadi menyatakan, pihaknya tidak kuatir dengan ketersediaan pangan, setelah dilakukan kalkulasi pangan yang tersedia dengan jumlah penduduk di 13 kecamatan.

“Karena produksi pada tahun 2014 meningkat. Gabah kering giling saja totalnya mencapai 152.341 ton, kalau dijadikan beras akan menjadi 89.425 ton dengan kebutuhan penduduk perorang 89 kilogram pertahun,” bebernya, Sabtu (20/6/2015).

Dengan demikian, jika dihitung kebutuhan pangan perorang sebanyak 89 kilogram pertahun, maka kebutuhan gabah hanya sekitar 73.128 ton. Otomatis masih tersisa gabah dari jumlah keseluruhan 89.425 ton.

“Masih ditambah stok akhir tahun dari bulog sekitar 8.785 ton. Makanya, ketersediaan pangan ini tidak hanya untuk bulan ramadhan, tapi selama satu tahun, dan alhamdulillah masih aman,” pungkasnya. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.