Pengelolaan Biogas Sampah di Pamekasan Belum Maksimal

Avatar of PortalMadura.Com
Pengelolaan Biogas Sampah di Pamekasan Belum Maksimal
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Proyek pengelolaan sampah menjadi biogas di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Desa Angsanah, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur masih belum maksimal sebagaimana rencana awal.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang (PU Cikatarung) Pamekasan, Moharram mengatakan, pihaknya hanya melakukan uji coba terhadap empat rumah warga yang ada di sekitar lokasi. Hasilnya pun belum maksimal lantaran terkendala anggaran.

“Kita dananya tidak cukup, hanya empat warga yang tersalurkan biogas itu. Tapi nanti akan berkembang ke rumah-rumah warga lain, ya belum maksimal karena dananya sangat kecil sekali,” katanya, Kamis (17/12/2015).

Bahkan, lanjut dia, beberapa hari lalu pipa biogas yang mengalir ke rumah penduduk itu sempat terbakar karena tidak bisa menahan hawa panas. Namun, pelaksana dari proyek tersebut berjanji akan memperbaikinya sebagaimana kondisi awal.

Menurutnya, pada tahun 2015 anggaran untuk pengelolaan sampah menjadi biogas tersebut sekitar Rp75 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kabupaten. Jumlah tersebut sangat minim untuk pengembangan proyek yang diproyeksikan sebagai pengganti LPG untuk keperluan memasak sehari-hari tersebut. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.