oleh

10 Cara Menjaga Kesehatan Anak

PortalMadura.Com – Kesehatan anak harus dijadikan prioritas utama ini merupakan kewajiban setiap orang tua. Selain menjaga kesehatan, orang tua harus mengajarkan cara menjaga kesehatan untuk anak sejak dini. Kebiasan hidup sehat akan di bawa sampai dewasa, sehingga anak akan selalu menjaga kesehatannya.

Bagi para orang tua berikut cara menjaga kesehatan anak, melansir dari laman Sehatq.com, Minggu (3/4/2020).

iklan pilbup

Biasakan agar Anak Rajin Cuci Tangan

Mencuci tangan merupakan dasar menjaga kesehatan tubuh. Mencuci tangan dengan 6 langkah dan menggunakan sabun harus selalu diajarkan kepada anak Anda. Dengan mencuci tangan, anak Anda akan terhindar dari bakteri penyebab penyakit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Kekebalan tubuh sangat berperan penting bagi anak Anda, agar tetap terjaga kesehatannya. Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh pada anak yaitu, memastikan makanan yang dikonsumsi mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Sebaiknya berikan anak Anda sayuran dan buah-buahan secara rutin setiap hari.

Ajarkan Kebiasaan yang Sehat

Mengajarkan kebiasaan hidup sehat harus sejak dini, agar anak terbiasa hidup sehat sampai dewasa nanti. Kebiasaan sehat seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan tempat tidur dan mencuci piring sendiri. Anak merupakan perekam yang baik, jadi setiap yang Anda ajarkan pada Anak, akan di tiru dengan baik.

Berikan Imunisasi dan Pemeriksaan Rutin untuk Anak

Jika Anda memiliki anak, maka lakukan Lima imunisasi wajib yang biasanya di peroleh pada saat Posyandu. Selain itu, memberikan anti cacing setiap enam bulan satu kali sangat penting. Hal ini brtujuan agar anak Anda terbebas dari cacing. Melakukan pemeriksaan tinggi badan dan berat badan secara rutin sangat penting, agar Anda mengetahui pertumbuhan anak Anda sesuai atau tidak dengan usia anak.

Menyajikan Makanan Sehat untuk Anak

Makanan sehat yang disajikan oleh Anda sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak. Pastikan makanan yang Anda berikan kepada anak Anda mengandung vitamin, mineral, protein dan lemak yang dibutuhkan oleh anak. Karena anak-anak membutuhkan banyak asupan gizi untuk tumbuh kembangnya.

Atur Porsi Makan Anak

Mengatur porsi makan berfungsi agar anak tidak mengalami obesitas dan kekurangan gizi. Anda harus peka dalam memberikan porsi makanan, sebaiknya jangan diberikan makanan cepat saji, agar anak Anda terbiasa makan makanan rumah yang jauh lebih sehat.

Ajak Anak untuk Aktif  Bergerak

Di jaman elektronik banyak anak yang malasa untuk bergerak, malah memilih bermain ponsel pintar. Sebaiknya Anda mengajak anak-anak untuk bermain di luar ruangan, seperti ke tempat taman bermain atau ke taman kota. Sekaligus ini dapat membantu motorik kasar anak dalam bergerak dan mengajarkan anak mengenal lingkungannya.

Mengajari Anak Menjaga Kesehatan Gigi

Anak-anak pasti suka makan makanan manis seperti permen, gula-gula dan makanan manis lainnya. Jadi, Anda harus mengjarkan anak untuk sikat gigi setiap sebelum ingin tidur.

Hindari Penggunaan Sabun Maupun Produk Antibakteri Secara Berlebihan

Penggunaan sabun yang berlebihan juga akan merusak kulit tangan anak Anda, sebaiknya gunakan produk yang lebih aman dan memang di khususkan untuk anak. Agar tidak terjadi iritasi pada kulit anak Anda.

Ciptakan Lingkungan yang Aman untuk Anak

Lingkungan yang aman di rumah maupun disekitar rumah juga harus dijaga. Pastikan anak Anda terhindar dari bahan bahan berbahaya seperti obat-obatan,pisau dan gunting. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan anak Anda yang belum mengerti bahaya. (*)

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Sehatq.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar