10 Cara Penangkal Sifat Dengki Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.com
10 Cara Penangkal Sifat Dengki Menurut Islam
Ilustrasi (Edukasi Kompas)

PortalMadura.Com – Sifat atau hasad merupakan salah satu perilaku tercela dan sangat berbahaya menurut ajaran agama Islam. Tidak hanya buruk bagi dirinya sendiri, tapi juga bahaya bagi orang lain.

Penyakit ini melahirkan sikap iri hati dan benci pada orang yang menjadi objek kedengkiannya. Biasanya orang yang memiliki sifat ini akan merasa resah ketika melihat orang lain bahagia. Bahkan, pendengki juga sering kali kurang mensyukuri nikmat Allah. Karena, nikmat yang didapat orang lain itu, menurutnya lebih pantas diterimanya.

Pendengki cenderung egois karena merasa dirinyalah yang paling pantas mendapat kenikmatan. Dengki sangat berbahaya bagi sang pelaku karena dapat menghanguskan amal kebaikan. Rasulullah bersabda, “Hasad itu melahap semua kebaikan, sebagaimana api melahap kayu bakar. Sedangkan, sedekah itu memadamkan dosa, sebagaimana air memadamkan api” (HR Ibn Majah).

Sejarah membuktikan bahwa karena dengki, putra Nabi Adam AS, Qabil, tega membunuh saudara kembarnya, Habil, lantaran kurbannya tidak diterima oleh Allah SWT (QS al-Ma'idah [5]: 30).

Sebagai akhlak tercela, dengki dapat menjerumuskan pelaku kepada perbuatan yang lebih hina dan tidak berperikemanusiaan. Misalnya, pendengki dapat saja memusuhi bahkan membunuh orang lain yang menjadi rivalnya.

Pendengki selalu tidak rela dan tidak senang melihat orang lain senang, sebaliknya pendengki senang melihat orang lain susah dan menderita. Seolah-olah kenikmatan dan kebahagiaan itu hanya miliknya sendiri.

Baca Juga : Ini Bahaya Sifat Dengki yang Wajib Umat Islam Ketahui

Dengki merupakan senjata yang sering digunakan setan untuk memprovokasi manusia agar saling bermusuhan, membenci, dan mendendam satu sama lain.

Permusuhan karena dengki tidak jarang melibatkan “kekuatan tertentu”, misalnya, dukun santet atau tukang teluh untuk menyerang dan menghabisi lawan bisnis atau politik yang didengkinya.

Menurut Ibn Qayyim al-Jauziyyah, pilar kekufuran itu ada empat, yaitu takabur (sombong, arogan), dengki, marah, dan syahwat. Takabur menghalangi pelakunya bersikap patuh. Dengki menyebabkan tidak mau menerima dan memberi nasihat. Marah menjadi penyebab berlaku tidak adil. Sedangkan, syahwat menjadi penghalang fokus dalam beribadah.

Menurut al-Mawardi, penyebab penyakit dengki itu ada tiga, yaitu kebencian, ketidakberdayaan, dan kemurkaan. Oleh karena itu, Anda diperintahkan untuk selalu memohon perlindungan kepada Allah SWT dari kejahatan pendengki.

Sedemikian bahayanya hingga kejahatan pendengki itu diparalelkan dengan kejahatan tukang sihir dan kejahatan yang biasa dilakukan di malam hari.

10 Cara Penangkal Sifat Dengki Menurut Islam

Menurut Ibn Qayyim, ada 10 tips penangkal bahaya dengki dan para pendengki.

  1. Memohon perlindungan kepada Allah, antara lain, dengan membaca surat al-Falaq tersebut sebelum tidur.
  2. Bertakwa kepada-Nya dengan senantiasa melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya.
  3. Bersabar dalam menghadapi pendengki dengan tidak mengeluh.
  4. Bertawakal kepada Allah dengan menyerahkan segala persoalan, termasuk perbuatan pendengki, kepada-Nya.
  5. Mengosongkan hati dan pikiran dari sifat dengki.
  6. Selalu menerima ketetapan Allah dengan ikhlas dan menjadikan cinta dan rida-Nya di atas segala-galanya. Ketujuh, bertaubat hanya kepada Allah dari segala dosa.
  7. Memperbanyak sedekah dan berbuat baik (ihsan) semaksimal mungkin.
  8. Memadamkan api dengki dengan berbuat baik kepada sang pendengki.
  9. Memurnikan tauhid dengan senantiasa meyakini bahwa yang dapat mendatangkan manfaat dan bahaya hanyalah Allah SWT. Di atas semua itu, hasad negatif tersebut perlu ditransformasi menjadi hasad positif berupa iri hati yang konstruktif dan futuristik seperti iri hati terhadap kedermawanan, kealiman, kebajikan, dan keadilan orang lain.

Abdullah bin Mas'ud RA meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada kedengkian (iri hati) kecuali dalam dua perkara; seseorang yang dikaruniai Allah harta kekayaan kemudian ia habiskan dalam jalan kebenaran dan seseorang yang dikaruniai Allah hikmah (ilmu) lalu ia mengamalkannya” (HR Ibn Majah).

Demikian penjelasan mengenai penangkal seseorang yang memiliki sifat dengki. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.