oleh

10 Inspirasi Bisnis Makanan Online yang Paling Laku Saat Pandemi

PortalMadura.Com – Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung berakhir ini membuat hampir semua orang melakukan aktivitas di rumah saja. Tidak heran jika beberapa tahun belakangan ini sebagian masyarakat memilih untuk berbelanja online daripada datang langsung ke pasar maupun toko.

Selain berbelanja pakaian, salah satu yang sering dibeli yaitu makanan, baik bahan-bahannya, makanan dalam kemasan atau makanan instan. Tidak perlu bingung dan khawatir lagi, karena saat ini di marketplace atau layanan pesan antar, tersedia berbagai jenis makanan. Beberapa di antaranya sangat laris di pasaran, dan bisa dijadikan ide bisnis makanan online.

Mau tahu apa saja?. Berikut 10 ide bisnis makanan online yang bisa Anda coba di rumah sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Minggu (30/5/2021) dari laman Idntimes.com:

Frozen Food

Seperti yang diketahui, frozen food (makanan beku) banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena awet dan mudah untuk diolah. Frozen food memiliki banyak jenis, dan biasanya yang paling laku adalah nugget, kentang goreng, sosis, siomay, dan dimsum.

Tidak hanya itu, seiring berkembangnya waktu, varian frozen food semakin bertambah. Contohnya risol mayo, cireng isi, kebab, dan lumpia goreng. Karena banyaknya varian frozen food dan tingginya minat dari masyarakat, makanan ini dapat menjadi ide bisnis makanan online.

Kue Kering

Saat ini, kue kering banyak dicari untuk cemilan hari raya dan cemilan rumahan. Hal itu karena kue kering lebih tahan lama dibandingkan dengan roti atau kue tart atau cake. Adapun kue kering yang biasanya laku di pasaran adalah nastar, putri salju, lidah kucing, kastengel, egg-roll, dan lainnya.

Kini, kue kering tersebut telah banyak berinovasi, mulai dari rasa, campuran bahan, bentuk hingga kemasan. Kalau Anda ingin menjadikan kue kering ide bisnis makanan online, Anda dapat membuatnya dengan rasa yang enak dan dikemas dengan menarik.

Nasi Mentai

Nasi khas ala Jepang ini sedang naik daun dan menjadi makanan kesukaan baru bagi sebagian masyarakat Indonesia, terlebih milenial dan gen Z. Pembuatannya nasi mentai pun relatif mudah karena resepnya banyak tersebar di Internet. Karena itu, nasi mentai dapat dijadikan ide bisnis makanan online yang menargetkan kalangan muda sebagai penikmatnya.

Sambal

Bukan suatu hal yang asing lagi apabila sambal menjadi teman pelengkap makanan andalan orang Indonesia. Terlebih lagi saat ini banyak bisnis makanan yang menggunakan sambal sebagai cita rasa utama.

Maka dari itu, Anda bisa menjadikan sambal sebagai peluang usaha seperti menjual sambal botolan dengan berbagai ukuran kemasan. Beberapa di antaranya yang laris manis adalah sambal matah, sambal terasi, sambal goang, dan sambal cabe ijo. Tidak hanya itu, sambal lainnya yang menjadi khas suatu daerah juga banyak digemari.

Jadi, Anda bisa mencoba membuat sambal-sambal tersebut di rumah. Kalau Anda merasa rasa sambal olahan Anda sudah enak, Anda bisa mulai menawarkannya pada kenalan Anda dan selanjutnya dijual secara meluas.

Snack Pedas Berlevel

Saat ini, snack atau cemilan yang memiliki tingkatan pedas banyak digemari berbagai kalangan usia. Contohnya seperti makaroni, basreng, seblak, dan keripik pedas.

Biasanya, pelanggan akan senang jika pilihan level pedasnya banyak. Jadi, tingkat kepedasannya bisa sesuai dengan kemampuan pedas mereka. Cita rasa pedasnya pun biasanya hadir dalam berbagai macam varian, seperti pedas asin, pedas manis, serta cabe ijo.

Baso Aci

Makanan selanjutnya yang bisa jadi pilihan bisnis makanan online adalah baso aci. Baso ini terkenal dengan kuahnya yang gurih dan pedas. Biasanya, bumbu pedas baso aci ini berasal dari cabe bubuk.

Karena itu, baso ini dibuat dengan berbagai level pedas sehingga pelanggan lebih tertarik untuk mencobanya. Anda dapat menjadikan baso aci ide jualan makanan online, karena baso ini dapat dikemas secara mentah lengkap dengan bumbunya.

Lauk Olahan Kering

Makanan selanjutnya yang bisa menjadi ide bisnis makanan online adalah lauk olahan kering. Makanan ini sangat cocok dijual di masa pandemi ini karena masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah saja. Selain itu, makanan ini juga cocok untuk anak kos yang tidak punya waktu untuk memasak.

Biasanya makanan yang dijadikan lauk olahan kering adalah kentang mustofa, dendeng, rendang kering, serta bandeng presto. Selain awet, makanan ini adalah makanan siap saji. Jadi, cocok untuk gaya hidup modern yang serba praktis.

Puding

Berbeda dari yang sebelumnya, makanan penutup yang bisa dijadikan ide bisnis makanan online adalah puding. Saat ini, puding banyak disajikan dengan berbagai rasa dan toping, seperti puding dengan vla, keju, cokelat, choco chips, regal, almond, atau cereal.

Jika ingin dijadikan ide bisnis makanan online, Anda bisa membuatnya dalam kemasan menarik dan tersedia dalam berbagai ukuran.

Salad Buah

Dengan adanya pandemi ini, makanan sehat semakin booming dan menarik bagi berbagai kalangan untuk tetap menjaga kesehatan di kala keadaan seperti ini. Salad buah merupakan salah satu makanan sehat yang terjangkau dan segar.

Baik vegetarian maupun non-vegetarian pun kini menyukai salad buah. Apalagi jika sudah diolah dengan ditambahkan beberapa bahan pelengkap. Di Indonesia, salad buah lebih umum disajikan dengan saus mayonaise yang creamy (lembut) dan manis.

Biasanya, saus mayonaisenya ini dibuat dengan campuran beberapa bahan seperti mayonaise, yoghurt, susu full cream, serta madu. Selain itu, penambahan topping (tambahan) seperti keju, almond, serta granola akan menambah cita rasa salad buah. Maka dari itu, salad buah dapat menjadi ide bisnis makanan online yang sehat.

Dessert Box

Beralih ke makanan manis, blakangan ini, banyak sekali penjual makanan online yang menjual dessert box (kotak makanan penutup). Makanan yang terkenal dengan rasa manisnya ini memang bisa membuat ketagihan.

Dessert box yang digemari adalah dessert box dengan rasa-rasa unik, seperti red velvet, nutella, regal biscuit, lotus biscuit, salted caramel, dan bahkan boba. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri untuk ditawarkan kepada kenalan Anda, lalu dijual secara luas.

Bagaimana, di antara beberapa bisnis makanan online itu apakah ada yang cocok bagi Anda?. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba usaha tersebut.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar