oleh

Jangan Anggap Remeh, Berikut Jenis Gangguan Kepribadian wajib Diketahui

PortalMadura.Com – Kesehatan mental memang perlu dijaga dengan baik. Terkait kesehatan mental, maka perlu dipahami bahwa ada gangguan kepribadian yang bisa memengaruhi aktivitas keseharian seseorang. Gangguan kepribadian adalah sebuah kondisi yang dapat menyebabkan seseorang memiliki pola pikir dan perilaku kurang sehat secara mental.

Kondisi inilah yang membuat seseorang dengan gangguan kepribadian berbeda dengan orang normal lainnya.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Dilansir dari laman Popmama.Com, Selasa (13/10/2020) berikut jenis gangguan kepribadian yang sering sekali terjadi pada orang sekitar:

Gangguan Kepribadian Paranoid

Gangguan kepribadian paranoid seringkali membuat pengidapnya memiliki rasa curiga dan tidak percaya terhadap orang lain. Kecurigaan seseorang yang memiliki gangguan kepribadian paranoid tidak hanya bisa terjadi kepada orang asing atau orang yang baru saja dikenalkan saja, melainkan pada orang terdekat.

Gangguan Kepribadian Skizoid

Seseorang yang memiliki gangguan kepribadian skizoid dikenal sering sekali menyendiri dan memiliki sifat yang dingin. Mereka seolah tidak ingin berhubungan sosial dan seksual, termasuk dengan lawan jenis.

Gangguan Kepribadian Skizotipal

Seseorang dengan gangguan kepribadian skizotipal memiliki tingkah laku yang tidak biasa apabila dibandingkan dengan orang normal. Mereka sering sekali melakukan tindakan dan cara berbicara yang aneh.

Gangguan Kepribadian Antisosial

Seseorang dengan gangguan kepribadian antisosial bisa memperlukan orang lain dengan buruk. Tak jarang mereka akan mengabaikan norma sosial yang berlaku dan tidak memiliki rasa simpati terhadap kondisi orang lain.

Gangguan Kepribadian Ambang

Seseorang dengan kondisi ini secara umum memiliki emosi yang tidak stabil, bahkan tak jarang mampu menyakiti dirinya sendiri. Perlu diketahui lagi bahwa seseorang dengan gangguan kepribadian ambang ini akan merasa kesulitan untuk berinteraksi bersama orang lain. Hal inilah yang menjadi sebuah pemicu bahwa hubungan sosialnya kurang baik selama proses bersosialisasi.

Gangguan Kepribadian Histrionik

Seseorang dengan gangguan kepribadian histrionik seolah sering menarik perhatian serta mendramatisasi peran agar dilihat atau didengar orang lain. Selain itu, kondisi gangguan kepribadian histrionik membuat seseorang menjadi lebih sering mencemaskan penampilannya.

Gangguan Kepribadian Narsistik

Seseorang yang memiliki gangguan kepribadian narsistik seringkali membandingkan dirinya lebih hebat dan sempurna daripada orang lain. Tak hanya cenderung memperlihatkan sikap yang arogan, namun juga akan selalu terus mengharapkan pujian dari orang lain terkait kehebatannya.

Gangguan Kepribadian Dependen

Mereka dengan gangguan kepribadian ini seolah tidak bisa hidup mandiri, selalu meminta bantuan dan diliputi rasa takut apabila ditinggal oleh orang yang begitu ia percaya. Biasanya saat sedang sendiri, mereka merasa tidak percaya diri dan tidak berdaya dalam menjalani aktivitas keseharian.

Gangguan Kepribadian Avoidant

Gangguan kepribadian avoidant sering sekali disebut sebagai seseorang yang suka menghindari. Mereka akan menganggap dirinya sendiri tidak kompeten atau tidak menarik apabila harus bersosialisasi dengan orang lain.

Gangguan Kepribadian Anankastik

Gangguan kepribadian anankastik disebut juga sebagai obsesif kompulsif. Seseorang dengan gangguan ini termasuk tipe orang yang teliti, namun terlalu berlebihan. Tak jarang, mereka bisa saja akan berusaha mengatur kehidupan orang lain berdasarkan apa yang menurutnya benar.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar