oleh

10 Lapangan Kerja Dengan Gaji Tertinggi & Terendah

PortalMadura.Com – Memiliki gaji tinggi pada level profesi fresh graduate? tentu menjadi impian semua orang yang baru menyelesaikan pendidikan tinggi.

Namun, seringkali harus mendapatkan gaji yang jauh dari harapan karena alasan belum memiliki pengalaman. Meskipun hal ini tidak semuanya mengalaminya.

Disisi lain, ada beberapa faktor yang berpengaruh pada besar kecilnya gaji, salah satunya adalah jenis profesi yang diambil. Berikut daftar profesi yang memiliki gaji tertinggi dan juga terendah untuk para fresh graduate.

Gaji Fresh Graduate Tertinggi

1.  Petroleum Engineer
Petroleum Engineer
Sudah menjadi rahasia umum jika lulusan dari jurusan teknik perminyakan memiliki standar gaji paling tinggi, salah satunya yang berprofesi sebagai petroleum engineer.

Berdasarkan salah satu situs penyedia lowongan kerja, profesi petroleum engineer memiliki standar gaji awal minimal Rp 5 juta.

Di perusahaan nasional seperti PT Pertamina Hulu Energi, mereka umumnya mendapatkan standar gaji sebesar Rp 7,5 juta, sedangkan untuk perusahaan minyak internasional seperti Chevron dan Exxon, standar gaji untuk para pemula bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta/bulan.

2.  Ahli Geologi
Ahli Geologi
profesi fresh graduate geologi

Bekerja sebagai ahli geologi menjanjikan gaji yang cukup besar. Sama dengan petroleum engineer, ahli geologi juga memiliki standar gaji fresh graduate paling tinggi yaitu minimal Rp 5 juta.

Tidak banyaknya ahli geologi di Indonesia membuat para lulusan berprestasi dari jurusan ini umumnya langsung direkrut oleh perusahaan tambang, apalagi jika berasal dari perusahaan asing.

 3.  Management Trainee di Bank
Management Trainee di Bank
profesi fresh graduate management trainee

Selain profesi pertambangan dan perminyakan, ada anggapan dalam masyarakat Indonesia yang menyatakan bahwa jika menginginkan gaji tinggi orang sebaiknya melamar pekerjaan di bank.

Stereotip tersebut memang benar khusunya bagi para fresh graduate yang masuk dalam program management trainee di bank. Rata-rata mereka bisa mengantongi gaji Rp 4-5 juta per bulan dan itu pun belum termasuk bonus.

4.  Auditor
Portrait of business people discussing a new strategy
auditor

Bagi para lulusan di bidang ekonomi akuntansi, berprofesi sebagai seorang auditor merupakan impian mereka. Tidak heran karena rata-rata fresh graduate auditor berkisar antara 5 hingga 7 juta rupiah per bulannya, terutama bagi mereka yang bekerja sebagai internal auditor di sebuah perusahaan asing yang gajinya dapat mencapai Rp 10 juta per bulan.

5.  Engineer
Engineer
engineer

Profesi ini sebenarnya memiliki wilayah kerja yang cukup luas karena dapat ditemukan di perusahaan telekomunikasi, listrik, hingga layanan penerbangan. Gaji yang ditawarkan untuk level fresh graduate pun cukup menjanjikan yakni di atas Rp 5 juta per bulan, itu pun tergantung di perusahaan mana ia bekerja.

iklan hari santri

Gaji Terendah Fresh Graduate

1.  Creative Staff
Creative Staff
creative staff

Bekerja di industri televisi di Indonesia memang sangat menggiurkan, karena sifat pekerjaannya yang dinamis dan banyak tantangan. Namun di balik gemerlap dunia pertelevisian Indonesia, gaji para pegawainya khususnya di tingkat fresh graduate sangatlah kecil, salah satunya adalah bagian creative staff.

Salah satu stasiun TV swasta Indonesia memberi gaji para creative fresh graduatenya di bawah Rp 2 juta. Gaji tersebut termasuk di bawah rata-rata karena jam kerjanya yang tidak menentu dan tekanan kerjanya yang tinggi.

2.  Reporter
Reporter
reporter

Masih berada pada lingkup media informasi, menjadi seorang reporter pemula di media online juga banyak memiliki suka-duka. Gaji yang minim, jam kerja yang tidak menentu dan stres sudah menjadi makanan sehari-hari. Dengan penghasilan rata-rata di bawah Rp 2 juta per bulannya, mereka harus tetap bisa menghasilkan sebuah berita yang maksimal.

3.  Sales
Sales
salesman

Profesi sales marketing ini sebenarnya cukup penting karena dari merekalah produk sebuah perusahaan bisa dipasarkan, namun entah mengapa profesi ini termasuk salah satu profesi bergaji kecil di Indonesia.

Rata-rata sales di level fresh graduate memiliki gaji Rp 2,4 juta per bulan dengan catatan biasanya mereka dapat mendapat bonus lebih jika hasil penjualan menguntungkan.

4.  Graphic Designer
Graphic Designer
graphic designer

Mendengar nama profesi graphic designer sepertinya terlihat keren dan langsung terbayang gaji yang tinggi tetapi kenyataannya di Indonesia gaji awal untuk profesi ini hanya berkisar Rp 2,5 juta per bulan.

Tetapi ada kalanya para graphic designer ini mengerjakan proyek tersendiri di luar perusahaan tempatnya bekerja sehingga ia dapat memperoleh tambahan dari proyek sampingan tersebut yang jumlahnya dapat mencapai 2-3 kali lipat dari gaji pokoknya.

5.  Customer Service Officer
Customer Service Officer
customer service

Bekerja di bagian layanan pelanggan tidaklah mudah karena tugasnya langsung menangani berbagai masalah yang dihadapi oleh para pengguna jasa perusahannya.
Rata-rata gaji para customer service officer ini hanya berkisar Rp 2 juta per bulan sehingga mereka kadang mengandalkan bonus (jika ada) untuk dapat meningkatkan taraf hidup mereka.(imoney/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.