Ini Dia 10 Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan

  • Bagikan
Peluang Usaha di Desa
Peluang Usaha di Desa (pixabay.com/Endho)

PortalMadura.com Anda tidak harus berada di perkotaan untuk memulia bisnis yang menguntungkan.Terdapat banyak peluang usaha di desa yang dapat ditekuni dan tentu menguntungkan.

Selain menguntungkan, menjalankan usaha di desa juga dapat memberikan manfaat dalam menggerakkan perekonomian di kampung halaman tanpa ke daerah perkotaan.

Ide Peluang Usaha di Desa

Berikut ini beberapa peluang usaha yang menguntungkan di desa, dapat anda coba untuk untuk menambah pundi-pundi rupiah.

1. Warung Makan

Walaupun di desa, berwirausaha dibidang kuliner ternyata juga sangat menguntungkan. Terutama warung makan, sebab tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak setiap hari, terlebih diwaktu pagi.

Selain itu warung makan menjadi peluang usaha di desa yang terbuka luas, modal yang dibutuhkan terbilang tidak besar jika dibandingkan membuka warung makan di kota.

Rata-rata anda membutuhkan modal Rp3-5 juta untuk keperluan peralatan dan modal bahan baku, untuk usaha warung makan di desa.

Dalam bisnis warung makan di desa anda dapat menambahkan beragam variasi menu sarapan, selain nasi dan lauk pauk anda dapat menyediakan beragam aneka jajanan pasar maupun kue basah.

2. Penyalur Atau Agen Gas LPG

Gas LPG 3 kg telah menjadi kebutuhan umum masyarakat di Indonesia, tidak hanya diperkotaan namun di desa juga sangat dibutuhkan.

Jika anda memiliki modal kecil anda cukup menjadi penyedia kecil “gas melon” ini dalam jumlah kecil. Sebab bisnis ini cenderung aman dari kerugian dan pemasaranya sangat gampang.

Tapi jika anda memiliki cukup modal, anda bisa langsung menjadi sub agen atau yang dikenal pangkalan gas elpiji.

Anda tinggal menghubungi agen besar di daerah anda, biasanya ada di tingkat kecamatan atau kabupaten.

3. Pom Mini

Seperti halnya Gas LPG, kebutuhan akan bahan bakar kendaraan bermotor juga tinggi. Terlebih tidak semua desa dekat dengan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Sehingga peluang anda membuka usaha pom mini terbuka luas, anda juga tidak perlu menggunakan mesin pom mini.

Peluang usaha pom mini di desa bisa anda lakukan cukup dengan mengandalkan botol dan corong, ini telah terbukti berhasil selama bertahun-tahun.

Akan tetapi jika anda ingin menggunakan mesin pom mini, banyak UMKM yang telah menyediakan mesin pom mini murah.

Atau jika anda tertarik, Pertamina juga memiliki pom mini resmi dibawah yang langsung mereka awasi bernama Pertashop. Pom ini merupakan salah satu ide peluang usaha di desa yang dapat anda pilih.

4. Budidaya Ikan Air Tawar

Ikan tawar yang banyak diminati ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jika dilakukan secara intensif.

A. Budidaya Ikan Air Tawar Konsumsi

Peluang usaha budidaya Ikan Air Tawar di desa, terbilang salah satu usaha menguntungkan jika dilihat dari jumlah permintaannya yang terus ada, bahkan berpeluang untuk ekspor ke berbagai negara.

Secara modal, usaha budidaya ikan air tawar cenderung lebih murah jika dilakukan di pedesaan, sebab ketersedian lahan yan gcukup melimpah dan tentu biaya penyediaan lahan lebih murah dibanding saat berbudidaya di perkotaan.

Titik berat budidaya Ikan air tawar terdapat pada pakan, naun jika didesa akan banyak sekali potensi pakan alternatif untuk budidaya ikan air tawr. Seperti penggunaan magot sebagai pakan alternatif, yang diketahui memiliki kandungan protein tinggi.

Selain itu, dalam usaha ikan air tawar juga menitik beratkan ketersedaian air baku untuk kolam ikan. Dan diwilayah pedesaan umumnya banyak tersedia mata air yang mengalir dengan baik. Sehingga sangat bagus untuk melakukan bududaya ikan air tawar.

Berikut ini beberapa jenis ikan air tawar yang sangat bagus untuk menjadi peluang bisnis di desa:

  1. Budidaya Ikan  Lele
  2. Budidaya Ikan Nila
  3. Budidaya Ikan Gurame
  4. Budidaya Ikan Gabus
  5. Budidaya Ikan Patin
  6. Budidaya Ikan Mujair

Walaupun potesninya bagus, anda tetap harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk budidaya ikan air tawar, mengingat budidaya ikan air tawar juga kerap megnalami gagal panen. Namun tetap memiliki potensi bisnis yang menggiurkan.

B. Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Selain budidaya ikan air tawar untuk konsumsi juga ada budidaya ikan hias air tawar. Bahkan perputaran bisnis di ikan hias air tawar cenderung lebih cepat dibandingkan budidaya ikan air tawar konsumsi.

Selain dijual dalam ukuran dewasa, dalam budidaya ikan hias air tawar juga dikenal penjualan ikan remaja atau bibit, tidak selalu dalam ukuran besar.

Dan juga terbuka peluang besar untuk ekspor ikan hias air tawar ke manca negara, mengingat permintaan banyak jenis ikan air tawar yang tinggi di sejumlah negara.

Berikut ini beberapa jenis ikan hias air tawar yang memiliki peluang usaha bagus dan cocok dilakukan di desa.

  1. Ikan Koi
  2. Ikan Cupang
  3. Ikan Arwana
  4. Ikan Koki
  5. Ikan Guppy
  6. Ikan Louhan
  7. Ikan Discus

Sebagai informasi, ikan hias air tawar selain memiliki pasar yang tinggi, juga memiliki komunitas penghobi yang loyal. Umumnya mereka akan mencari anakan dari indukan yang berkualitas, dan disinilah anda memiliki peluang usaha yang bagus.

Maka jika anda mampu menjaga kualitas ikan hias air tawar yang anda budidayakan, keuntungan usaha anda akan sangat bagus. Ide usaha di budidaya ikan air tawar merupakan salah satu peluang usaha di desa yang juga sangat bagus, terlebih lagi anda akan membantu perekonomian masyarakat disekitar anda.

Penulis: Firman G. AEditor: Hartono
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.