Waspada! 5 Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak

Avatar of PortalMadura.com
Waspada!-5-Jenis-Kangker-yang-Sering-Menyerang-Anak
Ilustrasi (alodokter.com)

PortalMadura.Com – Kanker merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyerang siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Ada beberapa jenis kanker yang sering menyerang anak-anak.

Kanker pada anak sering kali tidak terdeteksi sejak dini karena anak-anak kadang sulit menyampaikan keluhan yang dirasakannya. Dilansir dari laman Alodokter.Com, berikut 5 jenis kanker yang sering menyerang anak:

Retinoblastoma

Retinoblastoma adalah kanker yang menyerang retina pada mata. Kanker ini sering dijumpai pada anak usia di bawah 5 tahun. Retinoblastoma juga menimbulkan beberapa gejala lain, seperti mata merah dan bengkak yang tak kunjung membaik, mata juling, salah satu atau kedua bola mata anak membesar, atau anak mengeluh penglihatannya buram.

Leukemia

Leukemia atau kanker darah adalah jenis kanker yang paling banyak dialami oleh anak-anak di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Jenis leukemia yang paling banyak terjadi pada anak-anak adalah leukemia limfositik akut dan leukemia mieloid akut.

Kanker Otak

Kanker otak juga termasuk dalam salah satu jenis kanker yang sering menyerang anak. Gejala kanker otak pada anak bisa berbeda-beda, tergantung ukuran, letak, dan tingkat perkembangan sel kanker atau stadium kanker. Gejala kanker otak yang sering terjadi pada anak meliputi sakit kepala berulang, mual dan muntah, pandangan kabur, pusing, kejang, serta kelemahan atau kelumpuhan pada anggota gerak tubuh.

Neuroblastoma

Neuroblastoma merupakan kanker pada jaringan saraf yang sering menyerang anak usia di bawah 5 tahun. Kanker langka ini dapat menyebar dengan cepat ke organ lain, seperti kelenjar getah bening, tulang, sumsum tulang, hati, dan kulit. Gejala neuroblastoma bermacam-macam, tergantung bagian tubuh yang terserang. Jika menyerang daerah perut, gejalanya bisa berupa nyeri perut, sembelit, perut membengkak, selera makan berkurang, dan penurunan berat badan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.