15 BUMDes di Sumenep Buka Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Avatar of PortalMadura.com
15 BUMDes di Sumenep Buka Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor
Abdur Rakhman (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sebagian kecil Badan Usaha Milik Desa () di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membuka pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

“Baru 15 BUMDes yang membuka pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” terang Pengelola Data Pelayanan Perpajakan (PDPP) UPT Pelayanan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumenep, Abdur Rakhman, Jumat (5/8/2022) pada PortalMadura.Com.

Samsat BUMDes atau yang disebut dengan Samsat Bunda itu, baru menyebar di daratan. Seperti BUMDes Jupiter Desa Juruan Laok, Kecamatan Batuputih yang meluncurkan kantor kedua, Kamis (4/8). Wilayah lain, di antaranya Kecamatan Gapura, Guluk-Guluk, dan Kecamatan Ganding.

“Semua daratan, kepulauan belum ada BUMDes yang buka pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor,” katanya.

Pihaknya menjelaskan, pembayaran pajak kendaraan bermotor di BUMDes, legalitas hukumnya sama dengan di Samsat Kabupaten. “Justru sudah ada barcode-nya [kode batang]. Kalau misalnya ada operasi dari Lantas, petugas Lantas tinggal pakai barcode. Ini lebih canggih,” terangnya.

Menurut dia, dengan adanya BUMDes yang memberi pelayanan, maka masyarakat tidak lagi harus ke Samsat Kabupaten. “Sudah lebih dekat, cepat dan tidak butuh biaya perjalanan jauh,” ujarnya.

Pihaknya berharap, masyarakat desa dapat memanfaatkan fasilitas pelayanan yang diberikan oleh BUMDes. “Gunakan sebaik-baiknya melalui layanan BUMDes dalam membayar pajak kendaraan bermotor,” harapnya.

Dampak positif dengan BUMDes yang melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor, yakni pada kecepatan realisasi target Pendapatan Asli daerah (PAD). “Dampaknya luar biasa. PAD kita bagus, karena lebih cepat,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.