oleh

20 Puskesmas Disiapkan Sebagai Tempat Vaksinasi Covid-19

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyiapkan 20 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk tempat vaksinasi Covid-19.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pamekasan, dr. Nanang Suyanto mengungkapkan, sebanyak 20 Puskesmas itu tersebar di 13 kecamatan dengan jumlah total 76 vaksinator yang telah selesai dilatih.

“Kami sekarang sudah mempersiapkan 20 puskesmas sebagai tempat pelaksana vaksinasi untuk gelombang pertama. Kalau gelombang kedua nanti mungkin rumah sakit jadi tempat vaksinasi,” katanya, Kamis (21/1/2021).

Dia mengaku telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pemasangan spanduk dan media serta melaksanakan penyuluhan di tingkat kecamatan dengan mengundang beberapa pihak terkait untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya vaksin menjaga kekebalan tubuh dari virus corona.

“Kita selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin di era pandemi,” tandasnya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut ada empat gelombang, pertama khusus Tenaga Kesehatan (Nakes), pelayanan publik, masyarakat yang rentan, dan terakhir masyarakat yang memiliki kualifikasi khusus, misalnya pelaku ekonomi produktif.

“Di gelombang pertama ini kita fokus pada nakes, kami berharap masyarakat bisa berpartisipasi maksimal, karena masyarakat yang mendapatkan vaksinasi itu akan menimbulkan kekebalan komunitas, sehingga masyarakat tidak gampang tertular,” jelasnya.

Dia meminta masyarakat agar tidak mudah terprovokasi berita hoax tentang vaksin Covid-19 yang dihembuskan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan tidak paham tentang manfaat vaksin.(*)

Penulis : Marzukiy
Editor : Lisa Mana L

Komentar