20 Strategi Cerdas Agar Bumil dan Janin Selalu Sehat

20 Strategi Cerdas Agar Bumil dan Janin Selalu Sehat
ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbicara soal kesehatan Ibu Hamil (Bumil) dan bayi memang tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Sebab, apabila kurang maksimal akan berdampak pada keduanya. Bahkan, sangat rentan terjadi risiko yang mengkhawatirkan saat kehamilan dan persalinan.

Perawatan kesehatan ini tidak hanya berlaku bagi kehamilan pertama, tapi untuk kehamilan yang selanjutnya pun juga sangat penting di atur dan dijaga dengan sebaik mungkin. Nah, agar ibu hamil dan janin selalu sehat, ada 20 tips yang penting dipahami.

Apa saja tips tersebut?. Simak berikut ini:

1. Kontrol kehamilan ke dokter tepat waktu. Jangan suka menunda-nunda untuk memeriksakan kehamilan dan kondisi ibu maupun janin di dalam kandungan. Melakukan kontrol ini juga sebagai langkah mengetahui perkembangan serta pertumbuhan janin.

2. Lakukan olahraga ringan secara teratur. Selain menyehatkan, olahraga juga akan membuat ibu lebih kuat saat melahirkan nanti.

3. Pastikan untuk memulai pola hidup yang lebih sehat. Hindari makanan berbahaya, merokok dan minum-minuman bersoda atau beralkohol.

4. Pastikan untuk disiplin mengikuti anjuran dokter sehingga kandungan Anda selalu sehat dan jauh dari berbagai masalah.

5. Usahakan untuk mengonsumsi sayur dan buah segar dengan porsi cukup. Hindari makanan kalengan yang nutrisinya tidak sebanyak pada makanan segar.

6. Cari tahu seputar kehamilan lewat buku atau browsing di internet. Jangan sungkan juga untuk menuruti nasehat orang. Meski begitu, jangan hanya mendengarkan apa yang dikatakan orang. Gali info seputar kehamilan lewat berbagai hal.

7. Hindari mengonsumsi sembarang obat kimia maupun obat tradisional tanpa konsultasi dengan dokter. Minumlah obat jika memang itu diperlukan dan atas anjuran dokter/bidan.

8. Jika kondisi mibu lemah dan mudah jatuh sakit, mintalah resep tambahan atau multivitamin pada dokter dan bidan.

9. Memulai hidup sehat tidak hanya wajib bagi ibu, tapi juga wajib bagi pasangan. Ajaklah pasangan untuk memulai hidup sehat dan berhenti merokok.

10. Usahakan mencari dokter terbaik untuk ibu dan janin, jangan asal cari dokter yang murah juga dekat dengan rumah.

11. Sesekali berbagi pengalaman dengan teman, saudara atau kerabat yang pernah hamil juga. Meski begitu, jangan asal percaya dan menelan bulat-bulat informasi yang ada.

12. Hindari kontak langsung dengan bahan-bahan kimia yang berisiko pada kehamilan seperti pembersih lantai, pembersih keramik atau sejenisnya.

13. Pastikan bahwa gigi dan gusi serta mulut sehat. Adanya bakteri di area ini berdampak buruk buat kesehatan janin.

14. Konsultasi kehamilan Anda dengan dokter atau bidan dan mintalah saran mengenai kebaikan kehamilan Anda. Ceritakan juga riwayat kesehatan Anda sehingga dokter bisa memahami Anda dengan lebih baik.

15. Ketahui sejarah alergi terutama pada obat-obatan sehingga dokter bisa melakukan yang terbaik untuk Anda.

16. Hindari kontak langsung dengan sembarang hewan terutama hewan-hewan yang belum mendapat vaksin.

17. Hamil di atas usia 35 tahun harus sangat hati-hati dalam menjaga kehamilan. Pastikan bahwa Anda juga menjadi pribadi yang sabar dan jangan terlalu stres demi menjaga kesehatan pribadi juga janin di kandungan.

18. Mintalah pendapat dan support dari orang-orang di sekitar Anda akan kehamilan ini.

19. Hindari melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.

20. Miliki waktu istirahat cukup, konsumsi air putih cukup dan hindari mengandalkan obat kimia jika ingin mengatasi mual atau pusing.

Demikian 20 cara menjaga kehamilan agar ibu dan janin sehat selalu. Bagaimana, sudah siap menyambut kedatangan buah hati di keluarga Anda?. Jaga baik-baik kehamilan Anda dan pastikan semuanya akan berjalan lancar hingga persalinan nanti. Semoga bermanfaat. (Vemale.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.