3 Adab Menguap dalam Islam yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.com
3 Adab Menguap dalam Islam yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com kerap terjadi pada kita apabila mengalami kantuk atau kekurangan oksigen dan hal tersebut tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, tanpa sadar orang tidak memperhatikan adab dalam menguap. tidak hanya diatur dalam khidupan sosial budaya, tetapi dalam Islam pun hal tersebut juga diatur.

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda,

“Sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap. Karenanya apabila salah seorang dari kalian bersin lalu dia memuji Allah, maka kewajiban atas setiap muslim yang mendengarnya untuk mentasymitnya (mengucapkan yarhamukallah). Adapun menguap, maka dia tidaklah datang kecuali dari setan. Karenanya hendaklah menahan menguap semampunya. Jika dia sampai mengucapkan ‘haaah', maka setan akan menertawainya,” (HR. Bukhari no. 6223 dan Muslim no. 2994).

Allah membenci menguap karena menguap adalah aktivitas yang membuat seseorang banyak makan, yang pada akhirnya membawa pada kemalasan dalam beribadah. Menguap adalah perbuatan yang dibenci oleh Allah, terlebih-lebih ketika pada waktu salat. Para nabi tidak pernah menguap, dikarenakan menguap adalah salah satu aktivitas yang dibenci oleh Allah.

Imam Ibnu Hajar berkata, “Imam Al-Khathabi mengatakan bahwa makna cinta dan benci pada hadis di atas dikembalikan kepada sebab yang termaktub dalam hadis itu. Yaitu bahwa bersin terjadi karena badan yang kering dan pori-pori kulit terbuka, dan tidak tercapainya rasa kenyang. Ini berbeda dengan orang yang menguap. Menguap terjadi karena badan yang kekenyangan, dan badan terasa berat untuk beraktivitas, hal ini karena banyaknya makan. Bersin bisa menggerakkan orang untuk bisa beribadah, sedangkan menguap menjadikan orang itu malas, (Fathul Baari, 10/607)

Menguap memang sesuatu yang tak dapat dihindari. Karena itu islam mengajarkan adab dalam menguap. Berikut adalah adab menguap yang perlu Anda ketahui.

Menutup Mulut Ketika Menguap
Dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiallahu anhu, dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Bila salah seorang dari kalian menguap maka hendaklah dia menahan mulutnya dengan tangannya karena sesungguhnya setan akan masuk.” (HR. Muslim no. 2995).

Ketika seseorang ingin menguap hendaknya ia menutup mulutnya dengan tangan kiri, karena menguap adalah salah satu perbuatan yang buruk.

Tidak Ada Bacaan Zikir Khusus yang Dibaca Ketika Menguap
Syaikh Sulaiman al-Majid menegaskan, “Dan kami tidak mengetahui adanya sunah yang mengajarkan zikir atau doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika menguap. Adapun yang banyak tersebar menurut sebagian ulama dan kebanyakan masyarakat, bahwa ketika menguap dianjurkan untuk membaca ta'awudz, berdalil dengan firman Allah, yang artinya: ‘Apabila setan mengganggumu maka mintalah perlindungan kepada Allah.' Sementara Nabishallallahu alaihi wa sallam menyebut bahwa menguap itu dari setan. Pendalilan semacam ini, tidak pada tempatnya.

Beliau menyebutkan alasan, “Karena Nabi shallallahu alaihi wa sallam yang mengabarkan kepada kita bahwa menguap itu dari setan, beliau tidak mengajarkan kepada kita (untuk membaca ta'awudz), selain perintah untuk menahan dan meletakkan tangan di mulut. Sehingga, andaikan ta'awudz (ketika menguap) disyariatkan, tentu Nabi shallallahu alaihi wa sallam akan menyebutkannya.”

Mengguap di Dalam Salat
Hadis tentang menguap berasal dari setan juga diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dengan lafazh, “Menguap ketika salat adalah dari setan, jika salah seorang dari kalian menguap, maka tahanlah semampunya.”

Al-Imam Malik rahimahullah berkata: “Mulutnya ditutup dengan tangannya ketika salat sampai selesai menguap. Jika menguap ketika sedang membaca bacaan salat, kalau dia memahami apa yang dibaca, maka hukumnya makruh namun sudah mencukupi baginya (bacaan dia). Tetapi jika tidak memahaminya, maka dia harus mengulangi bacaannya, dan jika tidak mengulanginya, kalau bacaan tersebut adalah surat Al-Fatihah-, maka itu tidak mencukupi (tidak sah salatnya), dan kalau selain Al-Fatihah, maka sudah mencukupinya (salatnya sah).”

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah menerangkan, “Pasal tentang beberapa masalah yang langka di tengah-tengah umat namun sangat butuh untuk dijelaskan kepada mereka, adalah di antaranya:

Seorang yang menguap ketika salat, dia harus menghentikan bacaan shalatnya sampai menguapnya selesai, kemudian melanjutkan bacaannya. Ini adalah perkataan Mujahid, dan ini ucapan yang bagus, ditunjukkan oleh riwayat dari Abu Sa'id Al-Khudri radhiyallahu anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Jika salah seorang di antara kalian menguap, hendaknya dia tahan mulutnya dengan tangannya, karena setan berupaya untuk masuk,” (HR. Muslim).

Demikian mengenai adab menguap dalam islam. Semoga bemanfaat (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.