oleh

3 Bahan Alami yang Mampu Sembuhkan Batuk

PortalMadura.com – Melihat kondisi musim saat ini, memang sedang tidak bersahabat, bikin badan jadi gampang nge-drop. Akibatnya banyak penyakit datang menyerang. Salah satunya penyakit yang paling sering muncul ketika cuaca sedang buruk adalah batuk.

Batuk merupakan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan kotoran, virus, serta kuman yang berasal dari saluran pernapasan. Jika Anda terserang batuk setidaknya, obati dengan cara pengobatan dari bahan alami.

Berikut obat batuk alami yang perlu Anda coba, dilansir Okezone.com yang mengutip dari Healthline:

Buah Nanas

Buah nanas memang memiliki rasa yang enak dan segar. Kandungan buah ini mampu meredakan batuk secara efektif. Hal ini berkat kandungan bromelain dan enzim pada batang dan buah nanas.

Tahukah Anda bromelain bekerja dengan cara mengeluarkan dahak di tenggorokan. Agar hasil maksimal, Anda cukup konsumsi sepotong nanas atau minum 3,5 ons jus nanas segar tiga kali sehari.

Baca Juga : Cegah Flu dan Batuk dengan 5 Bahan Dapur Ini!

Madu

Madu merupakan obat yang sangat efektif dalam meredakan batuk, jika dibandingkan dengan obat yang mengandung dextrometghorpham (DM), pereda batuk. Cara olahannya, Anda cukup campur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon. Minumlah ramuan itu sebelum tidur atau saat pagi hari.

Garam

Obat batuk alami dengan menggunakan garam sering dilakukan oleh masyarakat setempat. Karena, campuran garam dan air dipercaya dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan saat batuk. Caranya, Anda cukup campur 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan 8 ons air hangat, fungsinya untuk membantu meredakan iritasi. Selamat mencoba!

Rewriter : Azizah
Sumber : Okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar