3 Cara Ampuh Amankan Akun Medsos Dari Serangan Hacker

Avatar of PortalMadura.Com
3 Cara Ampuh Amankan Akun Medsos Dari Serangan Hacker
Ist.Net

PortalMadura.Com – Perkembangan media sosial (Medsos) saat ini memang tidak bisa di pungkiri lagi. Namun salah satu hal yang paling dihindari dan tidak ingin dialami oleh semua pengguna medsos adalah akunnya terkena hack oleh seseorang.

Menjaga keamanan akun menjadi hal yang wajib yang harus Anda lakukan.Belakangan ini dengan makin besarnya jumlah pengguna sosial media, nyatanya tidak diimbangi dengan pengetahuan keamanan dunia internet yang mencukupi. Orang cenderung acuh atau kebanyakan tidak tahu sama sekali bahwa terkadang hal-hal kecil dan sederhana yang sebenarnya dapat membukakan pintu keamanan akun Anda bagi hacker nakal.

Nah, berikut ini cara ampuh yang harus Anda lakukan dalam mengamankan akun di media sosial.

Perhatikan Penggunaan Password
Usahaka untuk memilih password yang kompleks. Kompleks disini bukan berarti harus panjang berderet-deret hingga membentuk kalimat, namun yang terpenting  adalah adanya kombinasi antara huruf, angka dan symbol, seperti contohnya ( PassSaya321*# ) password tersebut akan memberikan keamanan yang lebih dibanding password panjang yang hanya terdiri dari huruf saja atau angka saja.

Jangan Menyimpan Data Akun di Browser
Terkadang ketika Anda mulai login ke Facebook, Twitter atau sosmed lain menggunakan perangkat komputer, Anda akan melihat tulisan muncul yang berisi kurang lebih “Apakah anda ingin menyimpan password anda pada situs ini?” atau “apakah anda ingin komputer mengingat password anda pada situs ini?” semacam itu. Itulah waktu dimana browser meminta izin pada Anda untuk mendapatkan data akun anda.

Jika Anda sedang menggunakan komputer publik atau di warnet lebih baik pilih saja jawaban tidak atau langsung tutup kotak peringatan tersebut. Karena dari data tersebutlah, akun kita bisa saja di hack oleh seseorang.

Perhatikan Dengan Baik Website yang Anda Akses
Cermatilah website yang Anda kunjungi. Saat ini tengah marak aksi hacking yang dikenal dengan nama website Phising. Phising sendiri merupakan sebuah tindakan mencuri data termasuk username dan password dari seseorang dengan mengarahkan korban tersebut ke sebuah website “palsu” atau website yang sudah ditanami aplikasi pencuri data.

Aplikasi yang tidak sengaja terdownload tersebut sangat mungkin membawa malware atau program yang dapat mencuri data online Anda atau bahkan lebih parah merusak perangkat online yang Anda gunakan.

Tetap waspada dan tidak memberikan data online anda sembarang merupakan kunci dari keamanan akun Anda saat menjelajahi internet. Terkadang orang akan menyepelekan hal tersebut, namun kita tidak pernah tahu apa yang bisa dilakukan oleh seorang hacker dalam memanfaatkan data yang mereka curi. (maxmanroe.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

  1. Admin, saya punya akun fb yg sepertinya d curi orang, fb itt jarang bgd saya buka, fb itt sya buat hanya untuk menyimpan kenangan, trutama foto” yg d anggap sayng jk harus melayang.
    Saya tidak memiliki akses ke dalamx.
    Pasword emailx lupa.
    User namex mci inget,
    Bbrapa hri yg lalu sya liat fbq itt aktif, dah udah d rubah nama sm orang itt.
    Mohon bantuanx boozz,bgaimn crax mengembalikan akun saya itt kpda saya…?
    Trima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.