oleh

3 Cara Menghilangkan Kutu Rambut yang Bisa Dilakukan di Rumah

PortalMadura.Com – Kutu rambut adalah parasit kecil yang terdapat di kepala manusia. Kutu yang hinggap di rambut juga mampu menghisap darah di kepala hingga bertelur di sana. Kutu yang besarang pada rambut tentunya sangat mengganggu.

Selain rasa gatal yang ditimbulkan, kutu juga menyebabkan kurang percaya diri karena telur yang dihasilkan oleh kutu dapat terlihat jelas di rambut karena warna yang kontras. Dilansir dari laman Halodoc.Com, Jumat (23/10/2020) berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi kutu rambut.

Menggunakan Sisir Serit

Anda hanya perlu membeli sisir serit atau sisir khusus untuk kutu rambut, yang biasanya bergigi rapat dengan jarak hanya sekitar 0,2 milimeter. Sisir ini dapat mengangkat banyak kutu dan telurnya dari rambut.

Sebaiknya gunakan sisir serit setelah mencuci rambut, dan dalam kondisi setengah kering. Sebab, saat rambut dalam kondisi basah, kutu bergerak lebih lambat dan juga lebih mudah terlihat.

Minyak Zaitun

Cara selanjutnya dengan menggunakan minyak zaitun. Anda bisa melakukan dengan cara mengoleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit kepala secara merata. Lalu, tutup rambut dengan menggunakan shower cap dan diamkan semalaman. Esok harinya, sisir rambut agar kutu telur yang menempel di dekat kulit kepala terangkat.

Petroleum Jelly

Cara menggunakannya mirip dengan minyak zaitun. Anda bisa mengoleskan petroleum jelly pada rambut dan kulit kepala secara merata, tutup rambut, dan diamkan semalaman. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menilai efektivitas petroleum jelly untuk mengatasi kutu rambut.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Halodoc.Com

Komentar