oleh

3 Cara Mudah Latih Anak Bersedekah Sejak Dini

PortalMadura.Com – Orang tua tidak hanya memiliki kewajiban untuk mendidik si kecil tentang pendidikan intelektualnya saja, namun pengetahuan spritualnya juga sangat diperlukan. Salah satunya seperti mengajarkan mengenai pentingnya bersedekah.

Islam menganjurkan seluruh umatnya untuk suka bersedekah agar bisa memberikan sebagian harta yang didapatkan untuk orang yang tidak mampu atau fakir miskin. Maka dari itu, supaya anak terbiasa untuk bersedekah atau beramal, orang tua perlu melatihnya sedini mungkin. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut tiga cara mudah melatih anak bersedekah sejak dini, seperti dikutip PortalMadura.Com, Minggu (22/12/2019), dari Islampos.com:

Membangun Rasa Peduli

Bangun rasa kepedulian dan sosial pada anak. Untuk itu, jelaskan kepada mereka bahwa manusia diciptakan berbeda-beda. Ada yang berkecukupan, dan ada yang kekurangan. Orang tua bisa mengajak anak untuk membantu sesama dengan cara menyisihkan sebagian harta, lalu diberikan pada orang yang kekurangan, menolong korban bencana alam, dan sebagainya.

Baca Juga: 3 Cara Ajari Si Kecil Berpuasa dalam Islam

Memberikan Contoh Pada Anak

Cara terbaik adalah dengan memberikan contoh secara langsung pada anak untuk bersedekah. Seperti ketika berkunjung ke masjid tidak lupa untuk mengisi kotak amal dan mengajak ke panti asuhan.

Menyediakan Celengan Amal di Rumah

Supaya anak terbiasa untuk bersedekah, orang tua bisa mengajak si kecil untuk menyisihkan sisa uang jajan mereka dan memasukkannya ke celengan khusus amal. Orang tua dapat membuatnya sendiri menggunakan kreatifitas yang ada. Selamat mempraktikkan!

Rewriter : Salimah
Sumber : islampos.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.