oleh

3 Cara Sukses Bisnis Musiman di Bulan Ramadan

PortalMadura.Com – Selain dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, bulan Ramadan menjadi peluang bagi sebagian umat Muslim untuk berbisnis atau berjualan. Tidak heran, pedagang makanan di bulan suci ini lebih meningkat signifikan dari hari biasanya.

Bisa dikatakan, banyak dari mereka yang menjadi penjual musiman di bulan Ramadan. Produk-produk yang ditawarkannya pun beranega ragam, misalnya mulai dari menjual takjil, makanan untuk berbukan puasa, pakaian, peralatan beribadah, kue kering dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di antara beberapa hal yang dijual itu, terkadang kebanyakan bisnis musiman ini selalu menjual barang atau benda yang sama. Hanya sedikit penjual yang memodifikasi produk mereka biar lebih tampak menarik bagi pelanggan.

Tentunya hal itu membuat persaingan menjadi lebih ketat. Nah, biar dagangan musiman Anda ini cepat laris, PortalMadura.Com, Rabu (21/4/2021) yang mengutip dari IDN Times merangkum 3 caranya:

Gunakan Bahan Baku Terbaik untuk Dagangan Anda

Kalau soal rasa, lidah tentu tidak akan pernah bisa bohong. Selalu utamakan kualitas dari produk Anda dengan menggunakan bahan baku yang terbaik. Anda bisa menggunakan sayur yang benar-benar segar untuk membuat bakwan misalnya. Atau ketika Anda menjual es buah, Anda bisa menggunakan pemanis alami dan tanpa pengawet.

Memang menggunakan bahan baku mahal akan berimbas pada tingginya ongkos produksi Anda, tapi dengan begitu Anda juga peduli dengan pelanggan Anda agar mereka mendapatkan kualitas terbaik dari makanan atau minuman yang mereka beli.

Modifikasi Produk Anda

Cara ini paling mudah dan bisa jadi andalan biar dagangan musiman Anda laris manis. Alih-alih jualan barang yang sama dengan penjual lain, Anda bisa sedikit modifikasi dagangan Anda untuk semakin menarik minat pelanggan.

Sebagai contoh adalah gorengan. Anda bisa menjual produk gorengan olahan yang jarang ditemui di pasaran, seperti nanas goreng, apel madu goreng, atau jenis olahan lainnya.

Kalau Anda menjual pakaian muslim, Anda bisa juga menambahkan nama pelanggan Anda yang membeli atau memberikan sentuhan personalisasi lainnya di pakaian muslim tersebut. Misal gambar yang bisa di-request dan lainnya.

Poinnya adalah membuat sesuatu menjadi berbeda dari yang sudah ada atau umum. Karena dengan menjadi berbeda akan membuat produk Anda lebih mudah dilirik.

Jangan Menyerah, Ditolak itu Biasa

Salah satu bagian paling berat dalam berbisnis adalah mendatangkan pembeli dan membuat orang tahu apa yang Anda jual. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda untuk mendapatkan pelanggan.

Caranya, Anda bisa menawarkan langsung ke orang-orang yang ada di jalan, beri tahu teman dan saudara-saudara Anda yang lain. Penolakan pasti ada, mungkin karena mereka belum butuh atau masih ragu, tapi jangan menyerah. Buat orang lain mengenal apa yang Anda jual.

Cara lain adalah dengan menawarkan di media sosial Anda. Anda bisa mengiklankan dagangan Anda lewat Instagram Stories, Fleet, WhatsApp Story atau feed media sosial Anda. Kalau Anda punya modal lebih, gunakan fitur ads (iklan) yang ditawarkan oleh media sosial tersebut.

Ketiga cara ini bisa Anda jalankan semua untuk hasil maksimal atau memilih salah satu sesuai kebutuhan Anda. Semangat berjualan dan selamat mencoba.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Idntimes.Com

Komentar