Indonesia Pastikan Varian Covid-19 Asal India Belum Ada

Avatar of PortalMadura.com
Indonesia-Pastikan-Varian-Covid-19-Asal-India-Belum-Ada
Ilustrasi: Petugas kesehatan melakukan tes Covid-19 kepada para pedagang di Pasar Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 16 Juni 2020. Pemerintah Kabupaten Bogor melakukan rapid test dan tes PCR di pasar tradisional untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. (Eko Siswono Toyudho - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com – Pemerintah menyatakan hingga kini belum menemukan varian baru Covid-19 dengan nama B1617 dari India di Indonesia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah hingga kini terus mencegah virus varian baru melalui aturan larangan masuk bagi pelaku perjalanan internasional.

Pelarangan ditujukan baik kepada warga negara asing (WNA) yang memenuhi syarat, maupun warga negara Indonesia (WNI) dari luar negeri melalui Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021.

“Surat Edaran itu masih berlaku hingga saat ini,” jelas Wiku pada Selasa (20/4/2021) dalam konferensi pers virtual.

Aturan itu, jelas dia, mewajibkan para pelaku perjalanan yang masuk Indonesia harus membawa surat hasil PCR negatif Covid-19 dari negara asal, melakukan tes PCR sebanyak dua kali setibanya di Indonesia, melakukan karantina lima hari di antara dua tes PCR yang dilakukan dalam negeri.

Sebelumnya, Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan adanya varian baru dari virus Covid-19, dengan nama B1617.

Baca Juga:  Arsul Sani Sebut Reformulasi 14 Pasal RKUHP dari DP Wajib Dibahas di DPR

B1617 merupakan varian baru asal India yang memiliki mutasi ganda dan menyebabkan negara itu dilanda tsunami Covid-19.

Sejumlah peneliti menyebut varian Covid-19 ini bisa menghindari kekebalan tubuh yang dibentuk dari vaksinasi Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.